PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUB-POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGGUL JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Hasil yang diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan
aktivitas individu dan kelompok cenderung mengalami peningkatan, namun ada pula
yang mengalami penurunan di setiap pembelajaran. Selama empat kali pembelajaran,
aktivitas individu maupun kelompok dinilai sebanyak empat kali. Persentase aktivitas
mengenai keberadaan siswa dalam kegiatan kelompok dalam setiap pembelajaran
yaitu 91,88%; 88,75%; 92,50%; 91,88%. Peningkatan persentase keberadaan siswa
dalam kegiatan kelompok mengalami peningkatan pada pembelajaran 3, namun
terjadi penurunan pada pembelajaran 2 dan 4. Penurunan ini dikarenakan mereka
bosan dengan anggota kelompoknya dan ingin berada dalam kelompok yang baru.
Persentase aktivitas perhatian pada pelajaran dalam setiap pembelajaran yaitu 85%;
90%; 85,63; 84,38%. Penurunan terjadi karena guru kurang tegas untuk memberi
hukuman bagi siswa yang bercanda dengan temannya. Persentase aktivitas mengenai
bekerja dalam kelompok dalam setiap pembelajaran adalah 85,63%; 85%;
83,75,63;83,13%. Penurunan persentase aktivitas mengenai bekerja dalam kelompok
mengalami penurunan pada setiap pembelajaran, namun relatif kecil dan masih
termasuk dalam kriteria aktif. Persentase aktivitas mengenai keseriusan siswa dalam
mengerjakan LKS di setiap pembelajaran adalah 70%; 78,75%; 82,5%; 90%.