Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan Luar Kelas Untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan Di SD
View/ Open
Date
2013-09-25Author
Singgih Bektiarso
Imam Mudakir
Didik Sugeng Pambudi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe awal mengenai Model Pembelajaran IPA Luar Kelas (Outdoor Science Learning =OSL) disertai perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development = R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model dari Plomp yang telah dimodifikasi. Dari 5 tahap hanya digunakan 4 tahap saja. Keempat tahapan penelitian, tersebut adalah tahap (1) investigasi awal, (2) perancangan (desain), (3) realisasi/konstruksi, dan (4) tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahun pertama ini, telah dilaksanakan 3 tahap dan menghasilkan Prototipe I. Prototipe I berisi konsep Model Pembelajaran OSL beserta perangkat pembelajaran sebagai pendukungnya yang dapat dijadikan alternative bagi Guru dalam menciptakan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) di Sekolah Dasar. Tindakan selanjutnya yang akan dilakukan pada tahun ke-2 adalah melakukan tahapan 4, yaitu Uji Validasi Prototipe I, Tes dan Revisi pada tahap Uji Coba Lapangan.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, IPA Luar Kelas, PAIKEM
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]