ANALISIS BUKU MATHEMATICS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL GRADE VIII 1st SEMESTER (BILINGUAL) BERDASARKAN KRITERIA BELL
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendeskripsian pada
penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran dan penilaian secara
menyeluruh mengenai kesesuaian Buku Mathematics For Junior High School
Grade VIII 1st Semester (Bilingual) berdasarkan kriteria Bell. Data pada penelitian
ini adalah data kesesuaian buku teks matematika bilingual berdasarkan kriteria
Bell sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan
adalah Lembar Analisis Kesesuaian Buku berdasarkan kriteria Bell, Lembar
Validasi Bahasa Instrumen Pertanyaan dan Lembar Validasi Instrumen Analisis
Kesesuaian Buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data
kesesuaian buku.
Berdasarkan data hasil validasi didapatkan nilai rerata total untuk semua
kriteria (Va) adalah 3,63, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Pada
kategori sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu
dilakukan validasi kembali. Sehingga instrumen Lembar Analisis Kesesuaian
Buku berdasarkan kriteria Bell sudah dapat digunakan dalam penelitian.
Setelah data hasil pengamatan kesesuaian buku didapatkan, kemudian
dianalisis sesuai metode analisis data. Hasil perhitungan persentase kesesuaian
materi matematika dalam buku terhadap kriteria Bell adalah 88,33% atau
berkategori sangat baik. Persentase kesesuaian metode penyampaian materi dalam
buku adalah 54,29% atau berkategori cukup. Persentase kesesuaian karakteristik
fisik buku adalah 90,91% atau berkategori sangat baik dan persentase kesesuaian
petunjuk untuk guru pada buku adalah 47,37% atau berkategori cukup.