• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DISERTAI PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-A PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Erina Tri Puspitasari_1.pdf (206.8Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Erina Tri Puspitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 1 Jenggawah. Desain penelitian yang digunakan adalah model Hopkins. Penelitian ini direncanakan dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan, pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua dilakukan pembelajaran, dan pertemuan ketiga diadakan tes akhir siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah: (1) penerapan model PBI disertai Performance Assessment pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok; (2) aktivitas belajar siswa; (3) aktivitas guru; (4) ketuntasan hasil belajar. Penerapan model PBI disertai Performance Assessment pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume kubus dan balok berjalan dengan lancar pada setiap siklus. Pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa adalah 59,46%. Pada siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 89,19%. Sedangkan aktivitas siswa juga meningkat dari 70,83% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II. Secara keseluruhan pembelajaran dengan model PBI disertai Performance Assessment dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11937
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15364]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository