PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KEDISIPLINAN PEGAWAI DI KANTOR PT PLN (PERSERO) AREA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh
kepuasan kerja terhadap kedisiplinan pegawai di Kantor PT PLN (Persero) Area
Jember. Keberhasilan pencapaian tujuan organisasi tidak akan terlepas dari peran
kedisiplinan pegawai di dalamnya. Kedisiplinan pegawai akan membuat tujuan
organisasi tercapai secara efektif dan efisien dan sebaliknya ketidakdisiplinan
pegawai akan menghambat pencapaian tujuan organisasi. Banyak faktor yang
mempengaruhi kedisiplinan pegawai di dalam sebuah organisasi, penelitian ini
memfokuskan pada kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan bagian penting
bagi pegawai dan organisasi, karena pegawai yang merasakan kepuasan kerja
akan bertindak positif dalam bekerja dan pada akhirnya akan membuat tujuan
organisasi tercapai secara efektif dan efisien. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Adakah pengaruh kepuasan kerja terhadap kedisiplinan
pegawai di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember?”.
Penelitian ini berlokasi di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember dan
dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2012 sampai dengan 10 Januari 2013.
Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif
hubungan kausal. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor PT PLN
(Persero) Area Jember. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder.
Data primer diperoleh dengan teknik wawancara dan kuisioner, sedangkan data
sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi. Sampel dipilih dengan teknik
sampel jenuh dan kuisioner disebar kepada responden anggota sampel jenuh ini.
Data primer yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan secara
statistik menggunakan teknik korelasi Rank Sperman (r
viii
s)
. Hasil analisis data
secara statistik menunjukan r
s
=
0,5429 dan hasil uji signifikansi dengan dk=54
𝛼 = 5% diperoleh t
hitumg
lebih besar dari t
yaitu 4,75 > 2,000. Dengan
demikian hipotesis nol (H
o
ix
tabel
) ditolak dan hipotesis kerja (H
) diterima artinya ada
pengaruh antara kepuasan kerja terhadap kedisiplinan pegawai di Kantor PT PLN
(Persero) Area Jember. Jadi teori yang digunakan dalam penelitian ini dapat
berlaku di Kantor PT PLN (Persero) Area Jember.