PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN UNSUR LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP SALAFIYAH MIFTAHUL HUDA JENGGAWAH JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Tes akhir yang dilaksanakan pada akhir siklus I dan akhir siklus II,
digunakan untuk mengukur ketuntasan hasil belajar siswa baik secara individu
maupun secara klasikal. Dari analisis hasil tes akhir yang dilakukan dapat
diketahui pada tes akhir I siswa memperoleh ketuntasan klasikal 78,79% dengan 7
siswa tidak tuntas belajar dan tes akhir II 87,88% dengan 4 siswa tidak tuntas
belajar. Kriteria Ketuntasan Materi (KKM) SMP Salafiyah Miftahul Huda,
Jenggawah adalah 70. Sedangkan Rata-rata nilai tes akhir I diperoleh nilai 76,06
dan nilai tes akhir II diperoleh nilai 79,54. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
dengan pembelajaran model Experiential Learning siswa telah mengalami
peningkatan ketuntasan hasil belajar.