• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Moh. Imron Rosidi - 070210302100_1.pdf (92.65Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Moh. Imron Rosidi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sejarah merupakan mata pelajaran yang dianggap membosankan oleh siswa. Pembelajaran sejarah terkesan kurang bervariasi, sehingga siswa cenderung bersifat pasif di kelas. Tinggi rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa salah satunya ditentukan oleh guru dan metode pembelajaran yang digunakan. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu memperbaiki aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick ini dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan sehingga siswa lebih termotivasi mengikuti proses pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah pada siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013? (2) apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013; (2) untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Hopkins yang berbentuk spiral melalui tahap dua siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 32 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus 61,11%, siklus I mencapai 70,83%, dan siklus II persentase aktivitas belajar siswa mencapai 85,76%. Ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus pada aspek kognitif 68,75%, aspek afektif dan psikomotorik tidak diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pada aspek kognitif 75%, aspek afektif 78,12%, dan aspek psikomotorik 75%, sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus II pada aspek kognitif 87,5%, aspek afektif 90,62%, dan aspek psikomotorik 87,5%. Berdasarkan keterangan di atas menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal antara pra siklus, siklus I, dan siklus II. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar sejarah siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick menjadi salah satu alternatif dan pertimbangan yang berguna untuk meningkatkan proses pembelajaran di masa yang akan datang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11700
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository