• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Wheny Ayu Titis - 070210192130_1.pdf (471.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Wheny Ayu Titis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Apakah model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika di SMP . Apakah aktivitas belajar siswa dengan Model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi pada siswa SMP menjadi meningkat. Sesuai dengan rumusan masalah dan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan :Untuk mengkaji apakah Penerapan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMP. Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa yang menggunakan model Quantum Teaching disertai metode Demonstrasi di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji apakah hasil belajar meningkat, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan SPSS 16 menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Setelah dikonsultasikan pada taraf signifikasi 5% hasilnya 0,000<0,05. Dengan demikian rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas control. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi pada KBM 1 persentase aktivitas belajar siswa sebesar 74,33% dan KBM 2 diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 79,33% dan termasuk pada kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar fisika siswa antara menggunakan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Balung tahun ajaran 2011/2012. Dan Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Balung tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi termasuk dalam kategori aktif. Dengan rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran 1 dan 2 adalah sebesar 72,37% termasuk kategori sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11650
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository