PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN CURAHPOH 02 BONDOWOSO
Abstract
Penerapan  Strategi KWL (Know-Want  To  Know-Learned)  untuk  Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan
Ekonomi  Dalam  Memanfaatkan  Sumber  Daya  Alam Pada Siswa  Kelas IV SDN
Curahpoh  02 Bondowoso; Triyanti Puji  Lestari;  NIM 090210204129; 2012; 72
Halaman; Jurusan  Ilmu  Pendidikan  Program  Studi  Pendidikan Guru Sekolah  Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jember.
Aktivitas  dan hasil belajar  siswa  kelas  IV  SDN Curahpoh  02  Bondowoso
Tahun  Pelajaran  2011/2012 dalam pembelajaran  IPS  pokok  bahasan kegiatan
ekonomi  dalam  memanfaatkan  sumber  daya  alam masih  rendah. Rendahnya  hasil
belajar  tersebut disebabkan  oleh  beberapa  faktor  antara  lain;  metode  pembelajaran
yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga/
media  jarang  sekali  digunakan.  Salah  satu strategi pembelajaran  yang  dapat
digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi pembelajaran KWL,
sehingga  rumusan  masalah  yang  muncul  adalah “Bagaimanakah penerapan strategi
KWL  yang dapat  meningkatkan  aktivitas  belajar siswa  dalam  pembelajaran  IPS
pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa
kelas  IV  SDN  Curahpoh  02  Bondowoso?  dan  “Bagaimanakah penerapan strategi
KWL yang dapat  meningkatkan hasil belajar siswa  dalam  pembelajaran  IPS pokok
bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas
IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso?”
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas  IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 melalui strategi
pembelajaran KWL.  Pengambilan  data  dilaksanakan  di SDN Curahpoh 02
Bondowoso,  dimulai  pada  tanggal 2 November  2011  sampai  dengan  02  Desember
2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun
pelajaran 2011/2012  dengan  jumlah  20 siswa,  terdiri  dari 8 siswa laki-laki  dan 12
siswa perempuan.Berdasarkan  jenisnya, penelitian ini  termasuk  dalam Penelitian  Tindakan
Kelas  (PTK),  dengan  setiap siklus  terdiri  dari 2  pertemuan. Pengumpulan  data
menggunakan  metode  observasi,  wawancara,  tes  dan  dokumentasi.  Data  yang
dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir
siklus II, hasil  observasi aktivitas guru  dan  aktivitas belajar siswa  selama  proses
pembelajaran dengan strategi  pembelajaran KWL,  serta  jawaban  siswa  terhadap
wawancara yang dilakukan.
Hasil observasi pada  aktivitas belajar siswa  selama proses pembelajaran IPS
dengan strategi KWL menunjukkan  bahwa aktivitas  belajar  siswa  mengalami
peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai
66,00%, dan  pada  siklus  II  mencapai 76,00%,  persentase  tersebut termasuk  dalam
kategori  aktif. Persentase  aktivitas  belajar  siswa  mengalami peningkatan  sebesar
10,00% dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan  hasil  jawaban  siswa  pada saat pra  siklus,  ketuntasan  belajar
siswa secara klasikal adalah 30,00%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar
siswa menjadi  65,00%,  dan  dalam siklus  II meningkat  menjadi 90,00%. Ketuntasan
belajar  siswa  secara  klasikal  mengalami  peningkatan  sebesar sebesar 60% dari pra
siklus ke siklus II dan 25% dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan strategi
pembelajaran KWL, dalam pembelajran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam
memanfaatkan  sumber  daya  alam dapat  meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar
siswa kelas  IV  SDN Curahpoh  02  Bondowoso tahun  pelajaran  2011/2012. Saran
peneliti  berdasarkan  hasil  penelitian,  melalui  penerapan strategi pembelajaran KWL
dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran  IPS sebagai upaya dalam peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa.
