Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Novita Bekti Haryo
dc.date.accessioned2023-03-26T10:00:45Z
dc.date.available2023-03-26T10:00:45Z
dc.date.issued2021-04-26
dc.identifier.nim170210102008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113453
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 26 Maret 2023en_US
dc.description.abstractPembelajaran fisika tak mampu dimengerti dengan mudah oleh peserta didik jika hanya melalui tulisan saja melainkan peserta didik juga harus melakukan percobaan terkait dengan materi yang dipelajari, oleh sebab itu dibutuhkan inovasi pembelajaran guna tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal. Pembelajaran fisika membutuhkan buku pendukung atau sejenis bahan ajar yang medukung untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep peserta, dimana hal ini menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dan seiring dengan itu meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Keatifan siswa dapat tercipta dengan mensimulasikan atau mempraktekkan materi yang akan disampaikan, dimana simulasi yang digunakan adalah simulasi PhET. Simulasi PhET bukanlah hal yang asing lagi sebab sudah bisa diakses dengan mudah, meskipun masih banyak sekolahan yang belum mampun menerapkan PhET bahkan praktikum secara langsung pun masih sangat jarang. Maka dari itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi seperti simulasi PhET ini guna meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui visualisasi secara virtual melalui simulasi PhET. Perlunya bahan ajar yang menggabungkan antara pendekatan dengan media pembelajaran guna terwujudnya proses belajar yang diinginkan. Modul REACT ini menjadikan siswa mampu belajar secara mandiri tanpa bergantung kepada guru (self instructional) serta simulasi Phet yang diberikan mampu menarik minat siswa dalam belajar terutaman pada materi getaran harmonis. Pemilihan modul REACT fisika berbantu simulasi PhET ini merupakan salah satu dari berbagai pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran fisika agar peserta didik lebih memahami konsep yang berlaku dalam materi serta pengaplikasiannya melalui praktikum secara virtual menggunakan simulasi PhET. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat validasi dan tingkat efektifitas dari Modul REACT Fisika berbantuan PhET Simulations pada Materi Getaran Harmonis untuk siswa kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan Nieveen yang terdiri dari tiga tahapan yakni Preliminary Research, Prototyping Stage, and Assessment Stage. Teknik pengambilan data yaitu berupa validasi ahli, validasi pengguna, dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli, lembar validasi pengguna, lembar jawaban pretest dan posttest, serta dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil validasi akhir dan hasil belajar peserta didik berdasarkan nilai pretest dan posttest. Hasil validasi ahli terhadap Modul REACT Fisika berbantuan PhET Simulations pada Materi Getaran Harmonis sebesar 94.4% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi pengguna terhadap Modul REACT Fisika berbantuan PhET Simulations pada Materi Getaran Harmonis sebesar 96.09% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak. Hasil belajar fisika peserta didik setelah menggunakan Modul REACT Fisika berbantuan PhET Simulations pada Materi Getaran Harmonis mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dengan menggunakan uji N-gain. Hasil perhitungan menggunakan N-gain terhadap hasil belajar peserta didik melalui uji terbatas didapatkan nilai N-gain sebesar 0.6 dengan kategori sedang (efektif), sedangkan untuk uji lapangan didapatkan nilai N-gain sebesar 0.7 dengan kategori tinggi (sangat efektif). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Modul REACT Fisika berbantuan PhET Simulations pada Materi Getaran Harmonis dinyatakan sangat layak (valid) dan sangat efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajar fisika pada materi getaran harmonisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModul Reacten_US
dc.subjectBerbantuan Pheten_US
dc.subjectSimulationen_US
dc.subjectGetaran Harmonisen_US
dc.titlePengembangan Modul React Fisika Berbantuan Phet Simulation pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas XI IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Maryani, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Bambang Supriadi, M.Scen_US
dc.identifier.validatorYden_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record