Pengembangan Modul React Fisika Berbantuan Phet Simulation pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas XI IPA
Abstract
Pembelajaran fisika tak mampu dimengerti dengan mudah oleh peserta
didik jika hanya melalui tulisan saja melainkan peserta didik juga harus
melakukan percobaan terkait dengan materi yang dipelajari, oleh sebab itu
dibutuhkan inovasi pembelajaran guna tercapainya tujuan pembelajaran secara
maksimal. Pembelajaran fisika membutuhkan buku pendukung atau sejenis bahan
ajar yang medukung untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep peserta,
dimana hal ini menjadikan peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran
dan seiring dengan itu meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Keatifan siswa
dapat tercipta dengan mensimulasikan atau mempraktekkan materi yang akan
disampaikan, dimana simulasi yang digunakan adalah simulasi PhET. Simulasi
PhET bukanlah hal yang asing lagi sebab sudah bisa diakses dengan mudah,
meskipun masih banyak sekolahan yang belum mampun menerapkan PhET
bahkan praktikum secara langsung pun masih sangat jarang. Maka dari itu,
diperlukan inovasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi seperti simulasi
PhET ini guna meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui visualisasi
secara virtual melalui simulasi PhET. Perlunya bahan ajar yang menggabungkan
antara pendekatan dengan media pembelajaran guna terwujudnya proses belajar
yang diinginkan. Modul REACT ini menjadikan siswa mampu belajar secara
mandiri tanpa bergantung kepada guru (self instructional) serta simulasi Phet yang
diberikan mampu menarik minat siswa dalam belajar terutaman pada materi
getaran harmonis. Pemilihan modul REACT fisika berbantu simulasi PhET ini
merupakan salah satu dari berbagai pendekatan yang digunakan dalam
pembelajaran fisika agar peserta didik lebih memahami konsep yang berlaku dalam materi serta pengaplikasiannya melalui praktikum secara virtual
menggunakan simulasi PhET.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat validasi dan tingkat
efektifitas dari Modul REACT Fisika berbantuan PhET Simulations pada Materi
Getaran Harmonis untuk siswa kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan desain
pengembangan Nieveen yang terdiri dari tiga tahapan yakni Preliminary
Research, Prototyping Stage, and Assessment Stage. Teknik pengambilan data
yaitu berupa validasi ahli, validasi pengguna, dan tes. Instrumen pengumpulan
data berupa lembar validasi ahli, lembar validasi pengguna, lembar jawaban
pretest dan posttest, serta dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil validasi
akhir dan hasil belajar peserta didik berdasarkan nilai pretest dan posttest.
Hasil validasi ahli terhadap Modul REACT Fisika berbantuan PhET
Simulations pada Materi Getaran Harmonis sebesar 94.4% yang termasuk ke
dalam kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi pengguna terhadap Modul
REACT Fisika berbantuan PhET Simulations pada Materi Getaran Harmonis
sebesar 96.09% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak. Hasil belajar fisika
peserta didik setelah menggunakan Modul REACT Fisika berbantuan PhET
Simulations pada Materi Getaran Harmonis mengalami peningkatan, hal ini dapat
dilihat dengan menggunakan uji N-gain. Hasil perhitungan menggunakan N-gain
terhadap hasil belajar peserta didik melalui uji terbatas didapatkan nilai N-gain
sebesar 0.6 dengan kategori sedang (efektif), sedangkan untuk uji lapangan
didapatkan nilai N-gain sebesar 0.7 dengan kategori tinggi (sangat efektif).
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Modul REACT Fisika
berbantuan PhET Simulations pada Materi Getaran Harmonis dinyatakan sangat
layak (valid) dan sangat efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajar fisika
pada materi getaran harmonis