Show simple item record

dc.contributor.authorOCTAVIANI S., Nazhaa
dc.date.accessioned2023-03-24T07:16:03Z
dc.date.available2023-03-24T07:16:03Z
dc.date.issued2023-01-19
dc.identifier.nim190210104088en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113429
dc.description.abstractKeterampilan berpikir kritis ialah proses kecerdasan dalam membuat suatu konsep, penerapan, serta evaluasi terhadap informasi yang didapatkan melalui sebuah pengalaman, observasi, refleksi, dan sebagainya. Keterampilan berpikir kritis adalah satu dari keterampilan metakognitif yang signifikan dengan tuntutan pendidikan abad 21. Namun, faktanya keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Hal tersebut diakibatkan karena kondisi siswa dalam proses pembelajaran yang tidak berperan aktif dan lebih mengandalkan penjelasan yang disampaikan guru atau bisa dibilang bahwa pembelajaran di kelas masih terfokus pada pendidik. Mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan bahan ajar yang terdapat petunjuk sistematis dan bantuan yang membimbing, salah satunya yakni dengan pengembangan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Dengan menggunakan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt dalam pembelajaran lebih efektif dan sederhana untuk dapat melatihkan keterampilan siswa salah satunya keterampilan berpikir kritis. Selain itu, e-LKPD berbasis scaffolding question prompt dapat diakses dengan mudah secara online, sehingga dapat memotivasi dan menarik minat siswa dalam belajar. Berdasarkan uraian diatas, perlunya mengembangkan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas dari e-LKPD berbasis scaffolding question prompt untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur validitas e-LKPD berbasis scaffolding question prompt yakni menggunakan lembar validasi yang akan dilakukan oleh tiga validator. Untuk mengukur kepraktisan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan oleh tiga observer. Serta, untuk mengukur efektivitas e-LKPD berbasis scaffolding question prompt melalui pemberian tes keterampilan berpikir kritis yang dianalisis peningkatannya menggunakan N-gain dan juga angket respon siswa setelah menggunakan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt. Hasil analisis validitas yang diperoleh dari ketiga validator menampilkan bahwasannya e-LKPD berbasis scaffolding question prompt memperoleh persentase 99% yang artinya layak digunakan tanpa revisi karena mencapai kategori sangat valid. Uji coba e-LKPD berbasis scaffolding question prompt dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Hasil kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93%, berkategori sangat praktis, artinya pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt dapat terlaksana dengan baik. Efektivitas e-LKPD berbasis scaffolding question prompt diketahui berdasarkan tes keterampilan berpikir kritis berupa pretest dan posttest menggunakan indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan adanya peningkatan nilai N-gain yaitu 0,73 tergolong kategori tinggi. Selain itu, efektivitas e-LKPD berbasis scaffolding question prompt juga dilihat berdasarkan hasil respon siswa yang menunjukkan persentase sebesar 85% terhadap pembelajaran IPA menggunakan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt mencapai kategori sangat baik. Oleh karena itu, penggunaan e-LKPD berbasis scaffolding question prompt dalam pembelajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis scaffolding question prompt untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Sehingga, e-LKPD berbasis scaffolding question prompt dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectScaffolding Question Prompten_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.titlePengembanagn E-LKPD Berbasis Scaffolding Question Prompt Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ilmu Pengetahuan Alamen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Rusdianto, S.Pd., M.Pden_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record