• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII-C PUTRI DI MTs. BADRUL ARIFIN KAPONGAN SITUBONDO

    Thumbnail
    View/Open
    RICKE MEGA FEBRILIA - 070210192138_1.pdf (1.496Mb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    RICKE MEGA FEBRILIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, peserta didik dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam proses belajar mengajar. Namun fakta yang terjadi menunjukkan bahwa fisika masih diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil observasi dan wawancara awal pada bulan November 2011 dengan guru fisika MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang cenderung pasif dan kurang memperhatikan guru. Berdasarkan analisa data observasi awal terdapat 29% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 18% siswa aktif bertanya; dan 23% siswa aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 23,33%. Selain rendahnya aktifitas belajar, hasil belajar siswa kelas VIIIC juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil ulangan harian, dari 31 siswa terdapat 38,7% atau 12 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 61,3% atau 19 siswa mendapatkan nilai <70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Eksperimen Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII C Putri MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo. Rumusan masalahnya: (1) apakah penerapan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa, (2) Apakah penerapan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa, (3) Apakah penerapan model pembelajaran STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (3) meningkatan karakter siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen berbasis karakter. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII C putri MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo pada tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Aktivitas memperhatikan penjelasan guru meningkat dari siklus I 67,74%, sedangkan pada siklus II meningkat sedikit menjadi 80,62%. Aktivitas bertanya meningkat dari 25,80% pada siklus I menjadi 32,26% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan soal meningkat dari 25,80% siswa pada pra siklus menjadi 80,64% pada siklus I dan meningkat menjadi 90,32% pada siklus II. Sedangkan, peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari 77,4% menjadi 87,1%. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Eksperimensis Berbasis Karakter dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntantasan hasil belajar serta karakter di MTs. Badrul Arifin Kapongan Situbondo.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11336
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository