Show simple item record

dc.contributor.authorJayanti, Lana
dc.date.accessioned2023-03-15T01:34:35Z
dc.date.available2023-03-15T01:34:35Z
dc.date.issued2022-10-25
dc.identifier.nim170210205088en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112788
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Maret 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractDi dalam lembaga TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu ditemukan beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep berhitung melalui aktivitas bermain yang diajarkan. Metode yang digunakan juga kurang bervariasi sehingga menimbulkan kejenuhan. Keaktifan murid di dalam kelas juga kurang menyeluruh, hanya beberapa murid yang terlibat aktif dan minimnya penggunaan media saat pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses pengembangan alat permainan edukatif Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) yang valid, efektif, praktis untuk memahami konsep berhitung anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi?” dan “Bagaimana hasil pengembangan alat permainan edukatif Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) yang valid, efektif, praktis untuk memahami konsep berhitung anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi?” Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu. Pelaksanaan ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini berjumlah 13 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development model 4D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, angket, validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data validasi, teknik analisis data kepraktisan, dan teknik analisis data keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh proses pengembangan pengembangan alat permainan edukatif Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) untuk memahami konsep berhitung sebagai berikut : Define menghasilkan informasi bahwa anak menyukai aktivitas bersama teman, tema pembelajaran yang dapat menjadi media belajar berhitung adalah tema buah, dan anak terbiasa menggunakan APE berwarna warni. Design yang menghasilkan media lingkaran yang berwarna warni ukuran 3m x 3m yang terdapat gambar buah serta bilangan 1 sampai 10 dan dadu yang terbuat dari kain flanel yang diisi dengan dakron untuk menentukan berapa langkah yang dilakukan anak dalam bermain Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL). Develop menghasilkan sintaks validasi ahli dengan hasil 4,5 dari skala 5 yang termasuk kategori valid. Disseminate yaitu penyebaran produk yang telah dikembangkan. Pengembangan permainan edukatif Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) yaitu : 1) Permainan Lingkaran Warna Bilangan dikategorikan valid berdasarkan penilaian validator dengan skor 4,5. 2) Aspek kepraktisan memenuhi interprestasi baik dengan skor 91% pada pertemuan ke I, dan 93% pada pertemuan ke II. 3) Hasil uji efektifitas terhadap analisis aktivitas anak di impresentasikan tinggi dengan skor 80% pertemuan ke-1 dan 87% pertemuan ke-2 yang artinya permainan Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) dapat digunakan untuk menstimulasi konsep berhitung pada anak. Saran yang dapat diambil dari dilaksanakannya pengembangan ini bahwa permainan Lingkaran Warna Bilangan dapat digunakan untuk memahami konsep berhitung anak dan media ini dapat divariasikan dengan tema sesuai dengan kebutuhan lembaga dan juga dapat disesuaikan dengan tahap usia dan kemampuan anak.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing I : Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I., M.Pd.I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLINGKARAN WARNA BILANGAN (LINGWABIL)en_US
dc.subjectALAT PERMAINAN EDUKATIFen_US
dc.subjectKONSEP BERHITUNG ANAKen_US
dc.titlePengembangan Alat Permainan Edukatif Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) Untuk Memahami Konsep Berhitung Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Indah Rohmatuz Zahro S.Pd.I., M.Pd.I.en_US
dc.identifier.validatorKacung-23 Desember 2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record