Pengembangan Alat Permainan Edukatif Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) Untuk Memahami Konsep Berhitung Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Di dalam lembaga TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu ditemukan
beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep berhitung
melalui aktivitas bermain yang diajarkan. Metode yang digunakan juga kurang
bervariasi sehingga menimbulkan kejenuhan. Keaktifan murid di dalam kelas juga
kurang menyeluruh, hanya beberapa murid yang terlibat aktif dan minimnya
penggunaan media saat pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses
pengembangan alat permainan edukatif Lingkaran Warna Bilangan
(LINGWABIL) yang valid, efektif, praktis untuk memahami konsep berhitung
anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu Kecamatan Sempu
Kabupaten Banyuwangi?” dan “Bagaimana hasil pengembangan alat permainan
edukatif Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) yang valid, efektif, praktis
untuk memahami konsep berhitung anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 10 Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi?”
Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 10 Sempu.
Pelaksanaan ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subyek
penelitian ini berjumlah 13 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian pengembangan atau Research and Development model 4D. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, angket, validasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data validasi, teknik
analisis data kepraktisan, dan teknik analisis data keefektifan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh proses
pengembangan pengembangan alat permainan edukatif Lingkaran Warna
Bilangan (LINGWABIL) untuk memahami konsep berhitung sebagai berikut :
Define menghasilkan informasi bahwa anak menyukai aktivitas bersama teman,
tema pembelajaran yang dapat menjadi media belajar berhitung adalah tema buah,
dan anak terbiasa menggunakan APE berwarna warni. Design yang menghasilkan
media lingkaran yang berwarna warni ukuran 3m x 3m yang terdapat gambar
buah serta bilangan 1 sampai 10 dan dadu yang terbuat dari kain flanel yang diisi
dengan dakron untuk menentukan berapa langkah yang dilakukan anak dalam
bermain Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL). Develop menghasilkan
sintaks validasi ahli dengan hasil 4,5 dari skala 5 yang termasuk kategori valid.
Disseminate yaitu penyebaran produk yang telah dikembangkan.
Pengembangan permainan edukatif Lingkaran Warna Bilangan
(LINGWABIL) yaitu : 1) Permainan Lingkaran Warna Bilangan dikategorikan
valid berdasarkan penilaian validator dengan skor 4,5. 2) Aspek kepraktisan
memenuhi interprestasi baik dengan skor 91% pada pertemuan ke I, dan 93%
pada pertemuan ke II. 3) Hasil uji efektifitas terhadap analisis aktivitas anak di
impresentasikan tinggi dengan skor 80% pertemuan ke-1 dan 87% pertemuan ke-2
yang artinya permainan Lingkaran Warna Bilangan (LINGWABIL) dapat
digunakan untuk menstimulasi konsep berhitung pada anak.
Saran yang dapat diambil dari dilaksanakannya pengembangan ini bahwa
permainan Lingkaran Warna Bilangan dapat digunakan untuk memahami konsep
berhitung anak dan media ini dapat divariasikan dengan tema sesuai dengan
kebutuhan lembaga dan juga dapat disesuaikan dengan tahap usia dan kemampuan
anak.