Show simple item record

dc.contributor.authorAZZAHRA, Verendica Fatima
dc.date.accessioned2023-01-05T04:08:53Z
dc.date.available2023-01-05T04:08:53Z
dc.date.issued2022-10-30
dc.identifier.nim170210205049en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111399
dc.description.abstractSalah satu aspek perkembangan yang perlu ditingkatkan bagi anak adalah aspek sosial emosional. Terdapat keterampilan dalam aspek sosial emosional yang perlu dikembangkan mengenai kesadaran diri yaitu kepercayaan diri yang dimiliki anak. Kepercayaan diri merupakan faktor penting yang dibutuhkan anak dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki anak. Tanpa rasa kepercayaan diri yang timbul dalam diri anak, anak akan merasa takut dan merasa tidak bisa dalam mencoba hal-hal baru sebelum mencobanya. Guru sebagai pendidik anak usia dini perlu mengerti bahwasanya satu anak dengan lainnya memiliki perkembangan dan karakteristik yang berbeda sehingga tugas guru menstimulasi atau memberi rangsangan kepada anak untuk mengembangkan setiap aspek perkembangan yang dimiliki anak. Salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan anak dengan cara pemberian media pembelajaran yaitu APE yang kegiatannya bermain sambil belajar sesuai dengan konsep PAUD. Sebagai pendidik juga perlu membuat atau menginovasi APE yang tersedia di sekolah menjadi sebuah permainan yang menyenangkan dan menarik perhatian anak. Pada penelitian ini APE yang digunakan untuk menstimulasi kepercayaan diri pada anak bernama APE Brave Road Map. Penelitian pengembangan APE Brave Road Map ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan APE yang menarik dan dapat menstimulasi kepercayaan diri pada anak. Langkahlangkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu 1) Mengidentifikasi masalah dengan melakukan observasi awal, kemudian mencatat permasalahan yang ada di sekolah. 2) Mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian. 3) Menciptakan solusi dari permasalahan dan mendesain produk yang dapat menyelesaikan permasalahan. 4) Memvalidasi desain produk yang telah dibuat kepada validator yaitu dosen ahli dan guru di sekolah yang menjadi objek penelitian. 5) Merevisi desain produk apabila terdapat kekurangan. 6) Mengujicobakan produk yang telah divalidasi pada kelompok kecil. 7) Apabila dalam kegiatan uji coba produk masih terdapat kekurangan, maka produk perlu direvisi. 8) Selanjutnya produk akan diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran pada kelompok besar. 9) Apabila pada uji coba kelompok besar masih terdapat kekurangan, maka produk perlu direvisi kembali. 10) Produk akan diproduksi masal apabila telah memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditentukan. Pada penelitian ini menghasilkan produk terbatas yaitu hanya mengembangkan satu produk untuk kelas dimana peneliti melakukan penelitian. Selain itu, langkahlangkah pembuatan APE Brave Road Map dapat dicetak menjadi buku panduan pembuatan APE. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan APE Brave Road Map yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan penggunaan APE Brave Road Map dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dibidang media dan validator dari praktisi, (2) berdsarkan pembelajaran dengan APE Brave Road Map dikategorikan efektif karena aktivitas anak rata-rata menunjukkan nilai diatas 80, serta hasil ketercapaian indikator kepercayaan diri yaitu 3,85 dengan interpretasi tinggi, dan (3) pembelajaran dengan menggunakan APE Brave Road Map dikategorikan praktis karena aktivitas guru menunjukkan presentase diatas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik. Respon guru juga positif ketika mengajar menggunakan APE Brave Road Map, anak lebih bersemangat dan antusias dalam kegiatan pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Laily Nur Aisiyah, S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)en_US
dc.subjectBRAVE ROAD MAPen_US
dc.subjectKEPERCAYAAN DIRI ANAKen_US
dc.titlePengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Brave Road Map untuk Menstimulasi Kepercayaan Diri Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Laily Nur Aisiyah, S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-19 Desember 2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record