Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Brave Road Map untuk Menstimulasi Kepercayaan Diri Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Salah satu aspek perkembangan yang perlu ditingkatkan bagi anak adalah
aspek sosial emosional. Terdapat keterampilan dalam aspek sosial emosional yang
perlu dikembangkan mengenai kesadaran diri yaitu kepercayaan diri yang dimiliki
anak. Kepercayaan diri merupakan faktor penting yang dibutuhkan anak dalam
mengembangkan kreativitas yang dimiliki anak. Tanpa rasa kepercayaan diri yang
timbul dalam diri anak, anak akan merasa takut dan merasa tidak bisa dalam
mencoba hal-hal baru sebelum mencobanya. Guru sebagai pendidik anak usia dini
perlu mengerti bahwasanya satu anak dengan lainnya memiliki perkembangan dan
karakteristik yang berbeda sehingga tugas guru menstimulasi atau memberi
rangsangan kepada anak untuk mengembangkan setiap aspek perkembangan yang
dimiliki anak. Salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan anak dengan
cara pemberian media pembelajaran yaitu APE yang kegiatannya bermain sambil
belajar sesuai dengan konsep PAUD. Sebagai pendidik juga perlu membuat atau
menginovasi APE yang tersedia di sekolah menjadi sebuah permainan yang
menyenangkan dan menarik perhatian anak. Pada penelitian ini APE yang
digunakan untuk menstimulasi kepercayaan diri pada anak bernama APE Brave
Road Map.
Penelitian pengembangan APE Brave Road Map ini termasuk dalam jenis
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang
dikemukakan oleh Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
APE yang menarik dan dapat menstimulasi kepercayaan diri pada anak. Langkahlangkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu 1) Mengidentifikasi masalah
dengan melakukan observasi awal, kemudian mencatat permasalahan yang ada di sekolah. 2) Mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian. 3)
Menciptakan solusi dari permasalahan dan mendesain produk yang dapat
menyelesaikan permasalahan. 4) Memvalidasi desain produk yang telah dibuat
kepada validator yaitu dosen ahli dan guru di sekolah yang menjadi objek
penelitian. 5) Merevisi desain produk apabila terdapat kekurangan. 6)
Mengujicobakan produk yang telah divalidasi pada kelompok kecil. 7) Apabila
dalam kegiatan uji coba produk masih terdapat kekurangan, maka produk perlu
direvisi. 8) Selanjutnya produk akan diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran
pada kelompok besar. 9) Apabila pada uji coba kelompok besar masih terdapat
kekurangan, maka produk perlu direvisi kembali. 10) Produk akan diproduksi
masal apabila telah memenuhi syarat dan kriteria yang telah ditentukan. Pada
penelitian ini menghasilkan produk terbatas yaitu hanya mengembangkan satu
produk untuk kelas dimana peneliti melakukan penelitian. Selain itu, langkahlangkah pembuatan APE Brave Road Map dapat dicetak menjadi buku panduan
pembuatan APE.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan APE Brave Road Map yang
telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan
penggunaan APE Brave Road Map dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian
yang diberikan oleh validator ahli dibidang media dan validator dari praktisi, (2)
berdsarkan pembelajaran dengan APE Brave Road Map dikategorikan efektif
karena aktivitas anak rata-rata menunjukkan nilai diatas 80, serta hasil
ketercapaian indikator kepercayaan diri yaitu 3,85 dengan interpretasi tinggi, dan
(3) pembelajaran dengan menggunakan APE Brave Road Map dikategorikan
praktis karena aktivitas guru menunjukkan presentase diatas rata-rata yaitu 90%
dengan interpretasi baik. Respon guru juga positif ketika mengajar menggunakan
APE Brave Road Map, anak lebih bersemangat dan antusias dalam kegiatan
pembelajaran.