• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Multimedia Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Dya Qurotul A’yun - 080210102004_1.pdf (318.8Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Dya Qurotul A’yun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas khususnya pada model pembelajaran kelompok, siswa cenderung menggantungkan penyelesaian tugas kepada teman. Sehingga mengakibatkan beberapa siswa yang tergolong kemampuan rendah semakin tidak paham dengan materi. Selain itu penyampaian materi tanpa media dinilai kurang efektif sehingga siswa malas belajar. Oleh karena itu perlu adanya suatu model pembelajaran beserta media yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika, kerjasama, dan motivasi belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang mengacu pada siswa berperan aktif dalam proses belajar dengan bantuan multimedia audio visual dalam penyampaian materinya. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) untuk mendeskripsikan kerjasama siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dalam pembelajaran fisika di SMP, (3) untuk mengkaji motivasi belajar fisika siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Srono. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test. Teknik analisa data untuk menjawab permasalahan kedua yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan kerjasama siswa kemudian ditentukan kriterianya. Dan teknik analisa data untuk permasalahan ketiga yaitu dengan angket motivasi siswa dan uji t. Data hasil belajar yang diperoleh yaitu nilai signifikansinya sebesar 0,015 lebih kecil dari = 0,05. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Data kerjasama siswa yang diperoleh yaitu 85,25% tergolong dalam kategori baik. Untuk hasil motivasi belajar fisika siswa yaitu 84,89% tergolong dalam kategori termotivasi. Dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,0000 yang menunjukkan lebih kecil dari =0,05. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual, (2) aktivitas kerjasama siswa selama mengikuti pelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual termasuk dalam katergori baik., dan (3) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis multimedia audio visual.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11107
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository