PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA FLUIDA DINAMIS KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PURWOHARJO
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purwoharjo. Responden penelitian ditentukan
setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster
random sampling. Rancangan penelitian menggunakan post-test control design.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent Sample t-tes. Untuk
menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas
klasikal untuk menjawab rumusan masalah yang kedua.
Analisis data menggunakan SPSS 16 menunjukkan rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas
kontrol. Setelah dikonsultasikan pada taraf signifikasi 5% hasilnya 0,001>0,000.
Dengan demikian rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar
dibandingkan dengan hasil belajar kelas control. Hasil analisis aktivitas siswa
selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran
kooperatif Group Investigation dengan metode eksperimen pada pertemuan
pertama dan kedua diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 75 % dan
termasuk pada kategori aktif.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) Model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan
menggunakan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika. (2)
Model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan menggunakan
metode eksperimen berpengaruh terhadap aktivitas siswa.