ENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT ( TOGETHER
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil
belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Aktivitas belajar siswa memegang
peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil
observasi awal di kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul, ditemukan aktivitas belajar
siswa masih rendah. Hal ini ditunjukan dari data hasil observasi awal diproleh
40,00% siswa yang aktif bertanya; 36,67% siswa yang aktif mencatat. Jadi skor ratarata
aktivitas belajar siswa 15,33%, untuk hasil belajar fisika siswa dari 40 siswa
hanya 40% yang mendapatkan nilai
≥
75; sedangkan 60% siswa lainnya mendapat
nilai < 75.
Berdasarkan uraian di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah :
serta efektif membentuk siswa untuk bekerjasama dalam kelompok dengan latar
belakang berbeda.
Tujuan dari penelitian ini adalah :
Penelitian ini dilakukan di kelas VII C SMP Negeri 5 Tanggul yang
didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu
rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah
“penelitian tindakan kelas
Kesimpulan penelitian ini adalah: