• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI FLASH BERBASIS ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kelas X MAN 2 Jember Pada Pokok Bahasan Daur Biogeokimia)

    Thumbnail
    View/Open
    Yunita Hermin Firasti - 080210103023 (2)_1.pdf (5.029Mb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Yunita Hermin Firasti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media animasi flash adalah media yang mampu menyajikan pesan audio visual secara jelas kepada siswa dengan berbagai gambar animasi yang menarik, sedangkan strategi belajar Active Knowledge Sharing (AKS) merupakan strategi belajar yang memungkinkan peserta didik untuk melakukan proses belajar secara aktif, tidak hanya membaca dan mendengar tetapi juga memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih berdiskusi, berpartisipasi, bekerjasama, serta memecahkan masalah-masalah tertentu berkaitan dengan materi pelajaran. Penggunaan media ajar berupa animasi flash materi pelajaran mampu disajikan secara menarik sehingga materi dapat lebih dipahami oleh siswa, akan tetapi pemahaman siswa akan materi tidaklah sama. Ketika ada perbedaan penguasaan materi, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat saling membantu dalam penguasaan materi tersebut. Dibutuhkan strategi belajar AKS, dimana setiap siswa mampu dan mau mengungkapkan pendapatnya, serta berinisiatif untuk saling berbagi dengan siswa lain dalam penyelesaian tugas atau pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh penerapan media animasi flash berbasis AKS terhadap keaktifan siswa kelas X MAN 2 Jember pada pokok bahasan daur biogeokimia; (2) mengetahui pengaruh penerapan media animasi flash berbasis AKS terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Jember pada pokok bahasan daur biogeokimia. Penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X.D dan X.E MAN 2 Jember. Kelas X.D adalah kelas eksperimen dengan penerapan media animasi flash berbasis AKS sedangkan kelas X.E adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei semester genap tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang diamati dalam kegiatan pembelajaran antara lain: (1) memperhatikan penjelasan guru; (2) mengamati animasi flash; (3) mengerjakan tugas; (4) bekerja sama dengan siswa lain; (5) menyampaikan ide/pendapat; (6) menanggapi pendapat siswa lain, sedangkan hasil belajar diwujudkan dalam bentuk nilai pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan di kelas eksperimen (X.D). Secara klasikal, keaktifan siswa kelas eksperimen memiliki rerata selisih yang lebih tinggi, yaitu sebesar 3,95% jika dibandingkan dengan rerata selisih kelas kontrol, yaitu sebesar 3,68%. Selanjutnya, hasil analisis menggunakan Anakova terhadap nilai pre-test dan post-test, diketahui bahwa nilai probabilitas (P) untuk kedua kelas adalah 0,021. Probabilitas (P < 0,05) sehingga H ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media animasi flash berbasis Active Knowledge Sharing (AKS) terhadap aspek kognitif. Secara klasikal, rerata selisih nilai pre-test dan post-test antara siswa kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 47,41% daripada siswa kelas kontrol, yaitu sebesar 43,39%. Selanjutnya, hasil analisis terhadap nilai pre-test dan post-test, diketahui bahwa nilai probabilitas (P) untuk kedua kelas adalah 0,026. P < 0,05 sehingga H 0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media animasi flash berbasis Active Knowledge Sharing (AKS) terhadap aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi flash berbasis Active Knowledge Sharing (AKS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan aktivitas siswa kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11004
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository