• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Eko Hari Cahyono_1.pdf (358.9Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Eko Hari Cahyono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurut Brochhaus (dalam Druxes, 1986:3), fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menerangkan berbagai gejala dan kejadian alam yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara matematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum. Fisika tidak hanya berisi tentang teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal, akan tetapi dalam fisika berisi banyak konsep yang harus dipahami secara mendalam. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam benak mereka sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar. Fisika dipandang sebagai suatu proses dan sekaligus produk sehingga dalam pembelajarannya harus mempertimbangkan model atau metode pembelajaran yang efektif dan efesien Salah satu strategi pembelajaran bervariasi yang mungkin sesuai untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa adalah strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dengan pembelajaran model konvensional, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dalam pembelajan Fisika di SMP, (3) mengkaji efektifitas hasil penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian viii ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kalisat. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, persentase efektifitas hasil untuk menjawab rumusan masalah yang kedua dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai t = 3,89 dan nilai t tabel = 1,99 sehingga t hitung > t tabel , maka hipotesis nihil (H ix o hitung ) ditolak dan hipotesis kerja (H ) diterima. Hasil analisis efektifitas hasil belajar siswa diperoleh persentase efektifitas sebesar 51,92% dan termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 73,73% dan termasuk pada kriteria aktif. a Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP dan (2) aktivitas belajar siswa yang terdiri dari memperhatikan penjelasan guru, bekerja sama dengan anggota kelompok, menjawab sebisa mungkin semua pertanyaan pada daftar pertanyaan, membantu siswa lain yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang ada, dan membuat kesimpulan terhadap permasalahan dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) termasuk dalam kriteria aktif. (3) Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) cukup efektif dalam pembelajaran fisika di SMP Negeri 2 Kalisat dengan persentase sebesar 51,92%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10939
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository