STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KREATIF PADA UD. KARYA DI SENTRA INDUSTRI TAS TANGGULANGIN SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk
kreatif dalam mempertahankan citra merek pada sentra industri tas UD. Karya
Tanggulangin Sidoarjo . Penelitian dilakukan di industri tas UD. Karya Tanggulangin
Sidoarjo, adapun permasalahan dari penelitian ini adalah strategi pengembangan yang
seperti apakah yang dipakai untuk produk kreatif dalam mempertahankan citra merek
pada sentra industri tas UD. Karya Tanggulangin Sidoarjo.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Tahap analisis data pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan analisis domein dan taksonomi. Penarikan kesimpulan ini
menggunakan metode induktif yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat
khusus ke hal-hal yang bersifat umum.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa meskipun UD. Karya telah
melaksanakan strategi pengembangan terhadap produknya secara kreatif, namun hal
tersebut dirasa belum sesuai dengan keinginan dan masih dalam tahap percobaan.
Citra merek yang dicitrakan oleh unit dagang ini telah dapat meningkatkan penjualan
dan sudah dapat membuka pangsa pasar yang mana hal tersebut ditandai dengan
kapasitas produksi yang mengalami peningkatan yaitu sebesar 36000 pada tahun
2009. Pengembangan produk atau inovasi yang dilakukan UD. Karya terhadap
produknya yaitu dengan mengeluakan produk baru berupa dompet yang dilengkapi
dengan jam tangan. tas saja.