• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN BENTUK PENINGGALAN SEJARAH MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SD NEGERI TEMPUREJO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Mohamad Sugiarto_1.pdf (18.08Mb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Mohamad Sugiarto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta yang terjadi di lapangan, mayoritas siswa Sekolah Dasar kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran IPS. Hal ini selain pembelajaran IPS disajikan dalam bentuk pembelajaran yang konvensional dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tempurejo 01 Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 20 siswa, 12 orang laki -laki, 8 orang perempuan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 28 Nopember 2011 sampai 7 Desember 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tempurejo 01. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, dan hasil belajar siswa. Dari hasil pengamatan diperoleh persentase motivasi siswa pada siklus I adalah 66,2% dan Siklus II sebesar 76,6%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan Siklus II sebesar 85%. Berdasarkan analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas IV telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization Saran yang diberikan peneliti adalah agar dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10868
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository