MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS III SDN SUKORENO 03 KALISAT DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PERMAINAN TUTOMI TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal dilapangan
menunjukkan beberapa permasalahan dalam menulis paragraf. Adapun permasalahan
tersebut antara lain: (1) mengalami kesulitan dalam menemukan dan menuliskan ide
/gagasan dalam bentuk paragraf, (2) siswa kesulitan dalam hal kebahasaan dan
merangkai kata, (4) siswa belum bisa membuat kalimat yang padu dan (5) siswa
belum mampu menggunakan ejaan dengan benar. Hal ini terjadi karena beberapa
faktor yang kurang mendukung, salah satunya adalah kurangnya media yang
mendukung dalam proses pembelajaran sehingga siswa cenderung bosan dan kurang
tertarik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media
gambar dalam permaianan Tutomi. Dengan media tersebut dapat membantu siswa
dalam menemukan ide/gagasan yang akan disampaikan, mudah didapat dan sangat
murah. Berdasarkan masalah dan alasan tersebut, peneliti mengangkat permasalahan
1) bagaimanakah proses penerapan media gambar dalam permainan Tutomi yang
dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN
Sukoreno 03 Kalisat? dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III
SDN Sukoreno 03 pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah
menggunakan media gambar dalam permainan Tutomi?
Kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN
Sukoreno 03 Kalisat dengan media gambar dalam permaianan Tutomi mengalami
peningkatan. Sebelum menggunakan media gambar dalam permainan Tutomi
(prasiklus) hanya terdapat 8 siswa yang mencapai nilai ≥ 6 0. Setelah diterapkan
pembelajaran menggunakan media gambar dalam permaianan Tutomi pada siklus I terdapat 14 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 6 0. Pada siklus II yang merupakan
perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 60 sebayak 17 siswa. Jadi, sebanyak 17
siswa atau 85% dari total 20 siswa kelas III SDN Sukoreno 03 Kalisat sudah
mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan yaitu ≥ 70% dari jumlah siswa
mendapatkan nilai ≥ 60.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) penerapan media gambar dalam
permainan Tutomi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa
Kelas III SDN Sukoreno 03 pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi, 2) hasil
belajar siswa kelas III SDN Sukoreno 03 Kalisat dalam menulis paragraf deskripsi
mengalami peningkatan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah
sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk pengadaan media pembelajaran
sehingga dapat menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran menulis menjadi
lebih baik dan guru dapat menggunakan media gambar dalam permaianan Tutomi
sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia.