PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VI SDN SIDODADI 01 KECAMATAN WONGSOREJO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012
Abstract
Rendahnya hasil belajar  matematika  di sekolah  dasar  disebabkan oleh 
beberapa faktor antara lain:  metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih 
bersifat konvensional,  pembelajaran sejauh  ini masih didominasi oleh guru,  siswa 
kurang dilibatkan akhirnya pembelajaran  terkesan monoton dan timbul kejenuhan 
pada siswa.  Praktik  pembelajaran  juga  kurang  memanfaatkan situasi nyata di 
lingkungan siswa sehingga pemahaman terhadap konsep  matematika  menjadi  sulit. 
Salah satu cara untuk meningkatkan  hasil belajar matematika siswa,  guru harus 
menggunakan beberapa pendekatan dan metode yang dapat memberikan kesempatan 
lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, 
serta siswa dapat menemukan dan  membangun konsep matematika dari realitas yang 
ada di sekitarnya secara mandiri.  Pembelajaran matematika realistik (PMR)  adalah 
pendekatan pembelajaran  matematika dengan menggunakan situasi atau masalah 
yang mempunyai konteks atau kaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dipahami 
siswa sehingga membuat sesuatu menjadi nyata dalam benak siswa. Berdasarkan latar 
belakang  di atas  dirumuskan  permasalahan bagaimanakah penerapan pembelajaran 
matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas  dan hasil  belajar siswa pokok 
bahasan pengumpulan dan penyajian data pada kelas VI SDN Sidodadi 01 
Banyuwangi  serta bagaimana peningkatan ketuntasan belajar    yang dicapai.  Tujuan 
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah  untuk mengetahui penerapan 
pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan aktivitas  dan  hasil belajar, serta ketuntasan belajar siswa pokok bahasan pengumpulan dan penyajian data pada 
siswa kelas VI SDN Sidodadi 01 Banyuwangi. 
  Penelitian ini dilaksanakan di SDN  Sidodadi  01  Kecamatan  Wongsorejo, 
dimulai pada tanggal  17 Januari 2012  sampai tanggal  26 Januari 2012.  Subyek 
penelitian adalah siswa kelas  VI  dengan jumlah siswa  27  anak, terdiri dari  12  laki-
laki dan  15  perempuan.  Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas (PTK) 
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode 
observasi,  dokumentasi,  tes,  dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa 
dokumen nama dan nilai siswa pokok bahasan FPB dan KPK (dokumentasi), jawaban 
siswa terhadap tes akhir siklus 1  dan tes akhir siklus  2  (tes), analisis aktifitas siswa 
selama proses pembelajaran  (observasi), dan jawaban siswa terhadap wawancara 
setelah pembelajaran (wawancara). 
Persentase aktivitas siswa pada  siklus  1  menggunakan dunia nyata  93,98%, 
menggunakan model 90,74%,  diskusi  91,67%,  interaksi    81,48%.  Pada  siklus  2 
mengalami peningkatan,  menggunakan dunia nyata  95,83%,  menggunakan model 
96,29%,  diskusi  92,69%,  interaksi    95,36%.  Hasil  analisis ketuntasan belajar siswa 
secara klasikal  pada siklus 1  sebesar  70,37%, sedangkan pada siklus 2 mencapai 
88,89%. 
Kesimpulan  yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah 
terjadi peningkatan  hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Sidodadi 01 
Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi materi pengumpulan dan penyajian 
data melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. Hal ini terlihat dari 
peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 18,52% dari siklus 1 ke siklus 2. Ini 
berarti penerapan PMR berhasil.
