IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MY KEF KALIJATI FASHION DAN SWALAYAN AMBULU JEMBER
Abstract
Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha
menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, mengingatkan pasar sasaran atas
perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk
yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Persaingan yang kompetitif
mengharuskan perusahaan untuk meninjau kembali kegiatan komunikasi pemasaran
dalam upaya mempertahankan pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran tersebut
dilakukan untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada konsumen yang
diharapkan agar konsumen tertarik, terpengaruh dan melakukan pembelian akan
produk tersebut. Penggunaan komunikasi pemasaran yang tepat sebagai strategi
pemasaran perusahaan merupakan salah satu cara agar mampu bersaing secara
kompetitif. Tujuan penulisan untuk mengetahui Implementasi komunikasi pemasaran
pada My Kef Kalijati fashion dan swalayan Ambulu Jember.
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini
adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang didasarkan pada paradigma kualitatif.
Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam atau suatu data
yang mengandung makna, artinya adalah untuk mencari makna data yang sebenarnya.
Deskripsi penelitian ini menjelaskan tentang pelakanaan implementasi komunikasi
pemasaran yang dilakukan My Kef Kalijati Fashion dan Swalayan Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan analisis tiga alur, dengan menyajikan data variabel komunikasi pemasaran yang dilaksanakan beserta program-program yang
dilaksanakan didalamnya. Variabel yang digunakan dalam implementasi komunikasi
pemasaran pada My Kef Kalijati Fashion dan Swalayan Ambulu Jember
dilaksanakan melalui beberapa media. Pertama media iklan pada radio Kharisma Fm,
dan media luar ruangan melalui papan nama, banner, umbul-umbul, dan spanduk.
Kedua, melaksanakan promosi penjualan melalui diskon, kupon, dan hadiah, Ketiga,
penjualan pribadi melalui pramuniaga dan salesman, dan yang teakhir pemasaran
langsung melalui media sosial facebook. Kemudian kebenarannya melalui teknik
triangulasi yaitu membandingkan perolehan data temuan dari perusahaan dengan
hasil wawancara dengan informan terkait dalam implementasi komunikasi
pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang
dilakukan pada My Kef Kalijati fashion dan swalayan Ambulu Jember dilaksanakan
dengan baik dan efektif yang terbukti dengan adanya peningkatan volume penjualan
yang lebih tinggi pada tahun 2011 dibanding penjualan sebelumnya tahun 2010.