PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT MENJADI PARAGRAF DENGAN MEDIA KARTU KALIMAT BERGAMBAR PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH 01 TANJUNG REJO WULUHAN
Abstract
Di  sekolah  dasar  khususnya  kelas  rendah,  pembelajaran  menulis  mempunyai
porsi  yang lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran lainnya. Melalui kegiatan
menulis  siswa dapat  menuangkan gagasan  yang  ada  dalam  dirinya  dalam  bentuk
tulisan. Hal ini dikarenakan dalam setiap proses pembelajaran, siswa tidak lepas dari
kegiatan menulis
Dalam  observasi  di  kelas  III  MI  Muhammadiyah  01  Tanjung  Rejo  Wuluhan
ditemukan  permasalahan  yang  menghambat  tercapainya tujuan  pembelajaran.
Diketahui  kemampuan  siswa  dalam  pembelajaran  menyusun  kalimat  menjadi
paragraf belum  mencapai  ketuntasan  belajar.  Hal  ini  disebabkan  karena kurangnya
keantusiasan siswa  dalam  mengikuti  kegiatan  pembelajaran menyusun  kalimat
menjadi  paragraf.  Untuk  mengatasi  masalah  tersebut akan  digunakan  media  kartu
kalimat  bergambar  yang  nantinya  dapat  membuat  siswa  lebih  antusias  belajar dan
mendapatkan hasil yang maksimal.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah dalam penelitian
ini,  yaitu  sebagai  berikut: (1) bagaimanakah  proses  penerapan  media  kartu  kalimat
bergambar  yang  dapat  meningkatkan  kemampuan  menyusun  kalimat  menjadi
paragraf  pada  siswa  kelas  III  MI  Muhammadiyah  01  Tanjung  Rejo  Wuluhan?,  (2)
bagaimanakah  peningkatan  hasil belajar  siswa  kelas  III  MI  Muhammadiyah  01
Tanjung  Rejo  Wuluhan  dalam  pembelajaran  menyusun  kalimat  menjadi  paragraf
setelah digunakan media kartu kalimat bergambar?
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut: (1) mendeskripsikan  proses
penerapan  media  kartu  kalimat  bergambar  yang  dapat  meningkatkan  kemampuan menyusun  kalimat  menjadi  paragraf pada  siswa  kelas  III  MI  Muhammadiyah  01
Tanjung  Rejo  Wuluhan;  (2) meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  III  MI
Muhammadiyah  01  Tanjung  Rejo  Wuluhan  dalam  pembelajaran  menyusun  kalimat
menjadi paragraf setelah digunakan media kartu kalimat bergambar.
Penerapan media  kartu  kalimat  bergambar  dalam  pembelajaran menyusun
kalimat  menjadi  paragraf  yaitu, siswa  secara  individu diberikan  satu  paket  kartu
kalimat  bergambar  yang  terdapat  5  kartu  kalimat  bergambar  dan  satu  lembar  kertas
kosong.  Selanjutnya, siswa  ditugaskan  untuk  menyusun  kalimat-kalimat  tersebut
menjadi  sebuah  paragraf  dan  menuliskannya  pada  lembar  kosong  yang  sudah
dibagikan.  Setelah  semua  selesai  guru  meminta  siswa  untuk  menukar  jawaban
masing-masing dengan teman sebangku untuk dibahas bersama..
Hasil belajar  siswa  meningkat  setelah  dilaksanakan  tindakan  pembelajaran
menyusun  kalimat  menjadi  paragraf  dengan  media  kartu  kalimat  bergambar.  Pada
siklus I, siswa tergolong tuntas berjumlah 12 siswa atau 63% dengan rata-rata secara
klasikal 73,42. Sehingga perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sedangkan
pada  siklus  II, hasil  belajar siswa  yang  tergolong tuntas  ada  17  siswa  atau  sebesar
89%  dengan  rata-rata  nilai  86,05  yaitu ≥70  sehingga  pembelajaran  dihentikan  pada
siklus  II. Peningkatan  ini  mengindikasikan  bahwa kegiatan  pembelajaran  siswa
dengan materi menyusun kalimat menjadi paragraf siswa meningkat.
Berdasarkan  hasil  penelitian  ini,  disarankan  kepada  guru  untuk  senantiasa
berusaha mencari alternatif terbaik dalam menyampaikan pembelajaran. Media kartu
kalimat  bergambar  dapat  dijadikan  alternatif  untuk  menciptakan  suasana
pembelajaran  yang  menyenangkan,  sehingga  siswa  bersemangat  dan  aktif  dalam
pembelajaran.
