Implementasi Metode Make A Match Dalam Pendekatan Saintifikmata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kebonsari 01 Jember
Abstract
Pembelajaran dengan pendekatan saintifk memerlukan variasi berbagai metode
pembelajaran agar proses pembelajaran lebih bermakna, salah satunya dengan
menerapkan metode Make A Match. Implementasi Make A Match dalam Pendekatan
saintifik bertujuan untuk membuat siswa lebih aktif dan kritis sehingga berdampak pada
hasil belajar. Pada pembelajaran PKN aktivitas dan hasil belajar siswa kategori cukup.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Metode Make A
Match dalam Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tiap siklus meliputi
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pra
siklus 48,55%, siklus I 71,44% dan siklus II 92,36%. Hasil belajar afektif siswa pra siklus
60,03%, siklus I 77,13%, dan siklus II 85,69%. Hasil belajar kognitif siswa pra siklus
64,73%,siklus I 73,15%, dan siklus II 83,10%. Hasil belajar psikomotorik siswa pra siklus
65,39%,siklus I 71,38%, dan siklus II 85,85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa implementasi metode make a match dalam pendekatan saintifik sangat
efektif dapat dilihat dari adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A
di SDN Kebonsari 01 Jember. Hendaknya guru bisa melakukan variasi-variasi metode
pembelajaran.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]