Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Gallery Batik
Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode
dokumen. Analisis data yang digunakan teridiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi dalam memperkenalkan
produknya kepada masyarakat menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang bertujuan untuk
meningkatkan penjualan perusahaan. Adapun strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan yaitu
periklanan melalui media cetak, media elektronik, dan media internet. Kegiatan penjualan personal dilakukan
oleh pemilik dan karyawan Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Promosi penjualan yang
dilakukan yaitu dengan memberikan voucher belanja, diskon dan mengikuti kegiatan yang diadakan pemerintah
daerah seperti Banyuwangi Ethno Carnival dan Banyuwangi Batik Festival. Hubungan yang baik juga dijalin
oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi, baik dengan masyarakat maupun konsumen dengan
tujuan untuk mendapatkan citra baik dari masyarakat. Selain itu, produsen juga memasarkan produknya secara
langsung kepada masyarakat tanpa melalui distributor atau perantara. Pemasaran via internet juga dilakukan
oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi yakni melalui instagram, dan facebook
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]