• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Pembelajaran Sentra Sains dan Bahan Alam Kelompok B1 di TK Plus Al Hujjah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    RIYADLOTUN NAFIAH - 160210205103.pdf (3.350Mb)
    Date
    2020-12-14
    Author
    NAFI'AH, Riyadlotun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengelolaan sarana dan prasarana adalah pengaturan terhadap fasilitas yang berada di sekolah, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Fasilitas tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran dan proses pendidikan. Taman Kanak-kanak Plus Al Hujjah Kabupaten Jember menggunakan model pembelajaran sentra, di mana sentra sains dan bahan alam dirancang agar anak dapat bereksplorasi dan berkreasi menggunakan berbagai macam benda dari lingkungan sekitar. Berbagai kegiatan dan penggunaan aneka ragam benda alam di sentra tersebut membutuhkan pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran yang baik, sehingga pengelolaan yang dilakukan di TK Plus Al Hujjah menarik untuk diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana di pembelajaran sentra sains dan bahan alam kelompok B1 di TK Plus Al Hujjah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?” Adapaun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana di pembelajaran sentra sains dan bahan alam kelompok B1 di TK Plus Al Hujjah Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan lokasi penelitian ini di TK Plus Al Hujjah khususnya di kelas sentra sains dan bahan alam, Kabupaten Jember pada Tahun Pelajaran 2020- 2021. Sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu kepala sekolah dan guru sentra sains dan bahan alam. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Plus Al Hujjah Kabupaten Jember berkaitan dengan pengelolaan sarana dan prasarana di pembelajaran sentra sains dan bahan alam kelompok B1, diketahui bahwa proses pengelolaan sarana dan prasarana di pembelajaran sentra sains dan bahan alam kelompok B1 di TK Plus Al Hujjah Kabupaten Jember berjalan melalui proses perencanaan, persiapan dan pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, penataan, penggunaan, pemeliharaan, dan penghapusan. Perencanaan dilakukan oleh guru kelas sentra sains dan bahan alam, yakni dengan menyiapkan rencana pembelajaran dan menentukan bahan yang akan digunakan baik bahan basah dan bahan kering. Persiapan dan pengadaan dilakukan melalui pengajuan pembelian bahan alam yang dibutuhkan dan mengkoleksi bahan-bahan alam yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar. Inventarisasi dilakukan di awal semester dengan mencatat di buku inventaris. Penyimpanan dilakukan di kelas masing-masing dengan mengelompokkan bahan-bahan sesuai jenisnya. Penataan dilakukan oleh guru sebelum semua siswa masuk ke dalam kelas sesuai dengan kebutuhan pembelajaran hari itu. Penggunaan sarana prasarana dipilah antara bahan habis pakai dan yang dapat digunakan kembali, di mana guru menjalin kesepakatan dengan siswa untuk menjaga agar sarana prasarana tersebut tidak mudah rusak. Pemeliharaan disesuaikan dengan kondisi sarana dan prasarana, di mana dilakukan penyimpanan, pengawetan dan perbaikan ringan pada sarana dan prasarana yang masih dapat digunakan kembali. Penghapusan dilakukan apabila sarana dan prasarana sentra sains dan bahan alam rusak, hilang, dan pertanggungjawaban dilakukan oleh guru sentra sentra sains dan bahan alam kepada kepala sekolah. Pengelolaan sarana dan prasarana tersebut diawasi dan dibantu oleh kepala sekolah maupun pihak-pihak lain di sekolah sehingga proses tersebut menghasilkan sarana dan prasarana sentra sains dan bahan alam yang dapat menunjang proses pembelajaran. Saran dari hasil penelitian tersebut adalah lebih mengoptimalkan pengelolaan dengan adanya evaluasi penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104412
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository