• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TGT, METODE STAD, DENGAN MODEL PEMBELAJARANKONVENSIONAL (Studi Komparatif Di SMA Negeri Ambulu Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Inflasi)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (270.5Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    EDFYA FRANSELVILDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang dengan quasi experimental design. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Negeri Ambulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 sampai dengan kelas X.7. Sampel yang digunakan adalah kelas X.4 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode STAD, serta kelas X.7 sebagai kelas eksperimen 1 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode TGT. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Anava dan uji HSD (head significant different). Sebelum melakukan uji Anava terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anava dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT dengan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dimana Fhitung sebesar 13,740 > harga Ftabel 3,082, dengan demikian Ha diterima. Besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT yaitu -8,7317* dan besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT -17,0976*. Dengan demikian, masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan, dimana metode TGT menuntut siswa untuk berkompetisi, sedangkan metode STAD mendorong siswa untuk bekerjasama dengan anggota kelompoknya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10439
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository