Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp DI Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa
Date
2016-12-01Author
KURNIATI, Dian
HARIMUKTI, Romi
JAMIL, Nur Asiyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order
Thinking Skills/HOTS) siswa dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan indikator yang telah
disusun. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam penelitian ini meliputi kemampuan logika
dan penalaran, analisis, evaluasi, serta kreasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi metode dokumentasi, tes,
dan wawancara. Hasil penelitian dari 30 siswa yang tersebar di beberapa SMP di Kabupaten
Jember didapatkan bahwa 18 siswa mampu melakukan kemampuan logika dan penalaran,
analisis, evaluasi, serta kreasi dengan baik dalam menyelesaikan beberapa soal, sehingga
tergolong memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan level sedang. Selanjutnya, 12
siswa tidak mampu melakukan kemampuan analisis, evaluasi, kreasi, logika dan penalaran
dengan baik dalam menyelesaikan semua soal, sehingga tergolong memiliki kemampuan
berpikir tingkat tinggi dengan level rendah
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]