• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Kasus Masalah Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun DI TK Dharma Wanita Tegal Gede Tahun Pelajaran 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Tiara Eka Widyasari - 160210205086 Sdh.pdf (4.065Mb)
    Date
    2020-10-26
    Author
    Widyasari, Tiara Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permendikbud 137 tahun 2014 menjelaskan bahwa lingkup perkembangan dan standar tingkat pencapaian perkembangan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun yaitu sebagai berikut: mengulang kalimat sederhana, bertanya dengan kalimat yang benar, menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb), menyebutkan kata-kata yang dikenal, mengutarakan pendapat kepada orang lain, menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan, menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar, memperkaya perbendaharaan kata, berpartisipasi dalam percakapan. Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas A1 TK Dharma Wanita Tegal Gede terdapat satu orang anak yang berinisial ―Y‖ yang mengalami masalah dalam perkembangan kemampuan berbicaranya. Ketika guru mendata kehadiran setiap anak biasanya anak akan menjawab dengan ― saya bu guru‖ tetapi ―Y‖ tidak bisa mengucapkan kata tersebut dan ―Y‖ biasanya menjawab dengan ―saya uyu‖. Ketika guru meminta anak untuk menirukan kalimat yang guru ucapkan yaitu ― ikan hidup di air‖ dia menirukan dengan kurang benar yaitu ―ican idup di aying‖, ―sapi makan rumput‖ dia menirukan dengan ―sapi macan umput‖. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―mengapa anak yang berinisial ―Y‖ di TK Dharma Wanita Tegal Gede mengalami masalah dalam perkembangan kemampuan berbicara?‖ Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak yang berinisial ―Y‖ di TK Dharma Wanita Tegal Gede
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104380
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository