• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (Ddct) Berbasis Local Wisdom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Septya Rohmatillah - 160210104038 Sdh.pdf (5.084Mb)
    Date
    2020
    Author
    Rohmatillah, Septya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan IPTEK yang semakin pesat mendorong siswa untuk harus memiliki kemampuan berpikir kritis agar dapat bersaing secara global. Kemampuan berpikir kritis dapat membantu siswa untuk mampu memutuskan suatu permasalahan berdasarkan fakta-fakta dan informasi yang relevan agar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun realitanya, pembelajaran IPA di kelas masih belum membiasakan siswa untuk berpikir kritis. Sehingga diperlukan proses pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan dialog yang disertai dengan kegiatan berpikir kritis. Model pembelajaran DDCT dapat dikolaborasikan dengan pembelajaran berbasis local wisdom agar siswa secara nyata dapat menemukan fenomena-fenomena alam yang menjadi topik pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengambil judul Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thingking (DDCT) Berbasis Local Wisdom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran DDCT berbasis local wisdom terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Muncar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan pemilihan tempat penelitian didasarkan pada local wisdom setempat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian diambil dua kelas dari keseluruhan kelas VII SMPN 1 Muncar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104216
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository