• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Untuk Kelas X Akl DI Smk Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Septin Bilkhis Silviana- 160210301088 Sdh.pdf (7.903Mb)
    Date
    2020-10-22
    Author
    Silviana, Septin Bilkhis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran dengan memanfaatkan TIK akan membuat siswa lebih tertarik pada proses pembelajaran sehingga siswa mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang memanfaatkan TIK biasanya menggunakan komputer atau laptop. Seiring dengan perkembangan TIK, media pembelajaran tidak hanya menggunakan komputer atau laptop, namun juga bisa menggunakan ponsel pintar atau yang sering disebut smartphone. Smartphone memiliki berbagai jenis sistem operasi seperti android, iOS, windows phone, dan lain-lain. Namun, sistem operasi yang banyak digunakan oleh guru maupun siswa yaitu android. Menurut guru mata pelajaran akuntansi dasar SMK Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi media pembelajaran yang digunakan pada kompetensi dasar laporan keuangan perusahaan jasa belum menarik dan efektif. Oleh karena itu, media tersebut perlu dikembangkan menjadi media pembelajaran berbasis android yang lebih menarik dan efektif. Media pembelajaran berbasis android ini berbentuk aplikasi dengan beragam tampilan menu, yaitu kompetensi dasar, materi, video pembelajaran, latihan soal, pengumpulan tugas, dan kuis sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Four-D dari Thiagarajan et al yang memiliki tahap define, design, dan develop. Uji coba produk dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada kelompok terbatas dan kelompok luas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji coba dilaksanakan setelah proses validasi oleh validator materi, media, dan bahasa. Uji coba kelompok terbatas dilakukan di kelas X AKL 3 dengan jumlah 10 siswa. Uji coba kelompok luas dilakukan di kelas X AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan X AKL 2 sebagai kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104214
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository