Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SDN Balung Lor 03 Jember
Abstract
Keterpaduan antar mata pelajaran pada satu kegiatan pembelajaran
membutuhkan waktu yang cukup banyak, tetapi terdapat ketentuan serta batas
waktu pada proses belajar mengajar. Hal tersebut membuat siswa kurang lebih
mendalami sesuatu yang dipelajari. Maka dari itu, Guru termasuk suatu komponen
penting penentu kualitas pembelajaran harus bisa meningkatkan penguasaan
terhadap materi pembelajaran. Upaya ini dapat dilakukan melalui guru dengan
memanfaatkan strategi, pendekatan, atau metode pembelajaran yang tepat. Guru
dapat menggabungkan pembelajaran IPA dengan metode yang sekaligus
memberikan pengalaman kepada siswa sehingga siswa sadar akan materi yang
dibelajarkan meskipun itu membutuhkan waktu yang sangat sedikit. Penggunaan
metode yang bervariasi biasanya didominasi dengan adanya media serta hal lain
yang dibutuhkan dalam pembelajaran, Akibat kurangnya hal tersebut
pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen sedikit berkendala tetapi
adanya keterbatasan media justru membuat guru harus lebih pandai serta kreatif
untuk menggunakan media pembelajaran pengganti yang memiliki fungsi sama
sehingga pembelajaran menggunakan metode eksperimen tetap dapat
dilaksanakan. Seharusnya hal seperti itu tidak dijadikan alasan untuk tidak
menggunakan metode tersebut dan lebih memilih untuk sering menggunakan
metode ceramah.