Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini DI TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Bermain peran merupakan salah satu metode atau cara yang dapat
dilakukan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Bermain peran
mengajarkan anak dalam bagaimana mengambil sebuah keputusan dan dan
mempelajari berbagai macam watak dan karakter sehingga anak mampu
membedakan watak dan karakter yang baik dan watak dan karakter yang buruk
sehingga anak tahu watak dan karakter mana yang harus dia contoh dan ditiru
anak.
Hal ini berkaitan dengan metode yang juga dilakukan di TK Cut Nyak
Dien Kabupaten Jember ini dimana dalam mengembangkan kemampuan sosial
anak guru di TK ini melakukan metode bermain bermain peran seperti dokter dokteran, koko, pasar-pasaran (jual beli), petani, ular tangga yang sebelumnya
telah disiapkan oleh guru.Guru di TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember ini hanya
bertugas mengawasi dan mendampingi anak dalam bermain peran yang
sebelumnya telah guru telah memberikan arahan dan kebebasan kepada anak
dalam memilih peran yang anak inginkan sesuai dengan tema bermain peran saat
itu. Meskipun anak telah memilih peran yang mereka inginkan, tetap saja guru
yang menentukan peran yang paling tepat untuk anak karena guru juga melihat
kemampuan anak. Setelah anak selesai melakukan kegiatan bermain peran, guru
melakukan evaluasi berupa tanya jawab kepada anak mengenai perasaan yang
mereka rasakan setelah melakukan kegiatan bermain peran dan apa saja yang
mereka pelajari saat kegiatan bermain peran berlangsung misalnya pesan yang
dapat mereka tangkap. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, terdapat beberapa hal yang perlu
diperbaiki misalnya guru perlu menyiapkan naskah drama yang lebih matang
untuk guru dan naskah berupa gambar kepada anak, guru melengkapi media
pendukung dalam bermain peran serta lebih memberikan kebebasan yang lebih
kepada anak dalam bermain peran.
Dalam kegiatan bermain peran yang telah dilakukan di TK Cut Nyak Dien
Kabupaten Jember ini telah dapat dilihat terdapat perubahan sosial yang dialami
oleh anak dimana anak mampu melakukan hubungan sosial yang baik misalnya
dapat menempatkan dirinya sesuai peran tokoh dan karakter yang sedang
diamainkan anak mampu bekerja sama dengan temannya yang lain.