Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Islam Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bpr Syariah Bhakti Sumekar Kabupaten Jember)
Abstract
Persaingan bisnis di era globalisasi sekarang ini tidak hanya dialami oleh
perusahaan yang berjalan di bidang produk, melainkan juga pada bidang jasa
perbankan khususnya Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Setiap perusahaan yang
beroperasi dalam bidang jasa tentu akan berusaha memberikan pelayanan yang baik
kepada nasabahnya, dan perusahaan pun harus mampu menyediakan aspek manusia
yang berkualitas sehingga mampu memberikan pelayanan yang sebaik baiknya.
Oleh sebab itu, setiap perusahan jasa sudah semestinya untuk melakukan evaluasi
kualitas layanan yang mereka miliki secara berkelanjutan, guna dapat memberikan
layanan yang maksimal dan apakah layanan yang diberikan sudah sesuai yang
dinginkan pelanggan ataukah sebaliknya. Jika perusahaan mampu memberikan
pelayanan yang baik kepada pelanggan, jelas hal tersebut akan membuat nasabah
tersebut menjadi loyal. Loyalitas nasabah sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa
variabel yaitu, compliance, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan
fasilitas pelayanan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
compliance, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, fasilitas layanan
terhadap loyalitas nasabah di BPR Syariah Bhakti Sumekar Jember. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan
menggunakan SPSS 16 untuk mengetahui secara parsial antar variabel compliance,
reliability, responsiveness, assurance, emphaty, fasilitas layanan. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh nasabah BPRS Bhakti Sumekar Jember yang berjumlah
2083 dan jumlah sampel yang digunakan 100 nasabah. Data yang diperoleh berasal
dari data primer menggunakan hasil penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini
membuktikan bahwa variabel compliance, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, fasilitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah BPR Syariah Bhakti Sumekar Jember.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari persaman regresi linier
berganda Y=-5,686+0,156X1+0,179X2+0,197X3+0,157X4+0,186X5+0,228X6 .
Hasil uji t menunjukkan Compliance diketahui nilai thitung sebesar 2,210 dan nilai
signifikan 0,030 < 0,05 yang artinya “ada pengaruh positif dan signifikan
compliance terhadap loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar Jember”. Hasil uji t
reliability diketahui nilai thitung sebesar 2,015 dan nilai signifikan 0,047 < 0,05 yang
artinya “ada pengaruh positif dan signifikan reliability terhadap loyalitas nasabah
BPRS Bhakti Sumekar”. Hasil uji t responsiveness diketahui nilai thitung sebesar
2,257 dan nilai signifikan 0,026 < 0,05 yang artinya “ada pengaruh positif dan
signifikan responsiveness terhadap loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar
Jember”. Hasil uji t assurance diketahui nilai thitung sebesar 2,057 dan nilai
signifikan 0,043 < 0,05 yang artinya “ada pengaruh positif dan signifikan assurance
terhadap loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar Jember”. Hasil Uji t emphaty
diketahui nilai thitung sebesar 2,044 dan nilai signifikan 0,044 < 0,05 yang artinya
“ada pengaruh positif dan signifikan emphaty terhadap loyalitas nasabah BPRS
Bhakti Sumekar Jember”. Hasil uji t Fasilitas pelayanan diketahui nilai thitung
sebesar 2,357 dan nilai signifikan0,021 < 0,05 yang artinya “ada pengaruh positif
dan signifikan fasilitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah BPRS Bhakti Sumekar
Jember”.