Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK ILMU AL-QUR’AN Sempusari Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan ide abstrak dimana
pengenalan konsep bilangan pada anak disesuaikan dengan tahap proses
perkembangannya. Adapun hambatan dalam penelitian ini yaitu pada awal
kegiatan pretest yaitu: (1) anak masih sulit dikendalikan, (2) masih belum
memahami apa itu konsep bilangan, (3) masih belum bisa menulis angka 5 tetapi
anak sudah mampu membilang, (4) masih bingung menunjuk antara lambang
bilangan 6 dan 9. Selanjutnya, pada saat treatment anak mulai bisa dikondisikan,
hambatan pada saat kegiatan treatment ini terjadi karena sebelumnya anak belum
pernah belajar menggunakan media kartu bergambar maka, dari itu membuat anak
harus lebih cermat dalam mengenal konsep bilangan. Sehingga penggunaan media
kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan
dapat berjalan sesuai harapan. Tahap akhir treatment ini yaitu pemberian reward
yang membuat anak mulai termotivasi dan merasa senang, sehingga kemampuan
mengenal konsep bilangan pada anak mulai berkembang.