Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Permata Cabang Trunojoyo di Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh
relationship marketing terhadap loyalitas melalui kepuasan dari konsumen nasabah
Bank Permata Cabang Trunojoyo Jember. Penelitian ini menggunakan explanatory
research yang dilakukan dengan metode survei. Metode pengambilan sampel
menggunakan Purposive Sampling yang mana ditentukan terlebih dahulu beberapa
kriteria untuk menjaring responden yang benar-benar memenuhi syarat data
dikumpulkan berdasarkan jawaban responden yang berasal dari kuesioner yang
diajukan.
Analisis data yang digunakan adalah analisis SEM. Hasil analisis menunjukan
bahwa variabel relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen, variabel relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas,
dan variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.