Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band di Taman Kanak- kanak Pertiwi Kabupaten Jember
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler marching band di TK Pertiwi Kabupaten Jember tidak hanya sebagai kegiatan penyaluran bakat dan minat anak saja, melainkan juga sebagai pembinaan prestasi karena pihak sekolah akan mengikutkan tim dari ekstrakurikuler ini ke berbagai perlombaan marching band se-Jawa Timur. Kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan salah satu ekstrakurikuler yang banyak diminati oleh anak-anak dan juga orang tua, maka dari itu sekolah membutuhkan manajemen yang baik dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler ini mulai dari pengelolaan kegiatan dalam latihan agar efektif dan mendapatkan hasil sesuai target. Hal ini dikarenakan kegiatan ekstrakurikuler Marching Band di TK Pertiwi melibatkan banyak pihak mulai dari guru, kepala sekolah, yayasan, personil atau pemain, karyawan sekolah, pelatih, anak-anak dan orangtua.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah manajemen kegiatan ekstrkurikuler marching band di TK Pertiwi Kabupaten Jember?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan ekstrakurikuler marchung band di TK Pertiwi Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana penelitian ini dilakukan dalam waktu 6 minggu di TK Pertiwi Kabupaten Jember. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yakni guru pembina ekstrakurikuler dan pelatih ekstrakurikuler marching band TK Pertiwi Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dilakukan melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK Pertiwi Kabupaten Jember terkait dengan manajemen kegiatan ekstrakurikuler marching band, pengelolaan kegiatan tersebut terstruktur rapi melalui tahap-tahap perencanaan, pengorganisasian kegiatan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, semua pihak ikut turut serta dalam merencanakan jadwal hingga teknis pelaksanaan lomba. Pada tahap pengorganisasian, dibentuk tim di mana kepala sekolah bertindak sebagai pengawas, guru pembina yang membantu pelaksanaan latihan dan persiapan lomba, karyawan yang ikut dalam pengambilan hingga pengembalian alat, pelatih sebagai tenaga pengajar yang melatih anak- anak, serta dukungan orang tua bagi personil. Pelaksanaan dalam kegiatan ini mengikuti jadwal dan target yang sudah direncanakan. Evaluasi pada setiap kegiatan sangat penting, di mana evaluasi kegiatan dilakukan setelah latihan maupun setelah perlombaan selesai.
Manfaat dari manajemen kegiatan ekstrakurikuler marching band di TK Pertiwi Kabupaten Jember yaitu guru, kepala sekolah, pelatih, dan seluruh warga sekolah yang ikut berperan memiliki rasa tanggung jawab serta membentuk kerjasama antara pihak-pihak terkait agar kegiatan ekstrakurikuler ini berjalan dengan baik dan terstruktur. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler marching band TK Pertiwi masih ada yang perlu ditingkatkan lagi dalam hal evaluasi agar dimaksimalkan dengan menciptakan komunikasi yang efektif antara guru dengan pelatih, antara guru dengan wali murid dan sebagainya.