• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pofitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Agresivitas Pajak terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

    Thumbnail
    View/Open
    ANNISA DHAMAYANTI - 170810301143.pdf (2.794Mb)
    Date
    2020-11-02
    Author
    Dhamayanti, Annisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di era sekarang ini, perusahaan dituntut untuk terus berkompetisi agar dapat mempertahankan usahanya. Meskipun tujuan utama perusahaan yaitu untuk mendapatkan laba yang maksimal, bukan berarti perusahaan dapat mengabaikan kepentingan-kepentingan lainnya. Perusahaan juga perlu untuk memberi perhatian terhadap aspek sosial dan lingkungan di sekitar perusahaan tersebut beroperasi agar perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang. Tanggung jawab sosial lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai suatu alat komunikasi antara perusahaan dengan kelompok pemangku kepentingan mengenai dampak yang ditimbulkan dari aktivitas ekonomi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR, (2) menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR, dan (3) menganalisis pengaruh agresivitas pajak terhadap pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk perusahaan yang menjalankan program CSR, pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pajak, dan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah 16 perusahaan pertambangan dan pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang bersumber dari laporan tahunan atau laporan berkelanjutan perusahaan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA) berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan (SIZE) yang dihitung menggunakan logaritma natural dari total penjualan berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan agresivitas pajak yang diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103509
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository