• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Keterampilan Scientific Reasoning Siswa Sma Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Ditinjau Berdasarkan Level Inkuiri

    Thumbnail
    View/Open
    ANA KHOYRIYATUNISA - 160210102107 #.pdf (4.484Mb)
    Date
    2020
    Author
    Khoyriyatunisa, Ana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu dari literasi sains yang digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia di abad 21 ini yaitu keterampilan penalaran ilmiah (scientific reasoning). Penalaran ilmiah merupakan suatu perangkat keterampilan yang diperlukan bagi para siswa untuk melakukan suatu penyelidikan ilmiah. Keterampilan penalaran ilmiah masih belum mendapatkan perhatian yang banyak dari para guru. Inkuiri terbimbing menuntut siswa untuk merencanakan penelitian dan mengumpulkan data secara mandiri. Sedangkan inkuiri terbuka siswa diberikan kesempatan untuk bertindak seperti ilmuwan, mengajukan pertanyaan, serta merancang prosedur secara mandiri. Pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran inkuiri, umumnya inkuiri yang digunakan pada sekolah tersebut yaitu inkuiri testruktur. Hasil wawancara antara guru dan siswa menunjukan bahwa siswa tergolong masih kesulitan dalam menghubungkan teori dengan hasil penyelidikan sehingga keterampilan scientific reasoning siswa masih tergolong rendah. Sehingga dicoba dengan menaikan level inkuiri menjadi inkuiri terbimbing untuk mengetahui keterampilan scientific reasoning siswa. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini menggunakan pembelajaran inkuiri terstruktur dan inkuiri terbimbing dengan tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah (a) Mengetahui keterampilan Scientific Reasoning siswa SMA dalam pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing (b) Mengetahui keterampilan Scientific Reasoning siswa SMA dalam pembelajaran fisika dengan model inkuiri terstruktur (c) Mengkaji perbedaan keterampilan Scientific Reasoning siswa yang menggunakan model inkuiri terstruktur dengan model inkuiri terbimbing.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103360
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository