• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT IJIN MENGEMUDI (SIM) MELALUI SIM MOBIL KELILING (SIM BILING) DI KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Indri Puspa Sari_1.pdf (397.4Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Indri Puspa Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tuntutan terhadap perbaikan pelayanan sektor publik dimasa datang akan semakin tinggi mengingat dalam era demokrasi dan kemajuan teknologi informasi ini masyarakat akan semakin cerdas. Perbaikan terhadap kualitas pelayanan publik perlu terus dikembangkan dan disesuaikan dengan tuntutan yang berkembang dimasyarakat. Penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik memegang peranan yang cukup penting. Salah satu jenis pelayanan publik kepada masyarakat adalah pelayanan kepolisian. Beberapa jenis layanan sektor kepolisian penulis memilih meneliti kualitas perpanjangan Surat Ijin Mengemudi melalui SIM Mobil Keliling. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi melalui SIM Mobil Keliling di Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Menurut Zeithmal,dkk penilaian kualitas pelayanan (ServQual) publik terdiri dari: dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Nilai kualitas pelayanan diperoleh dari nilai persepsi pelanggan dikurangi dengan nilai harapan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah pemohon yang sudah melakukan perpanjangan SIM melalui SIM Mobil Keliling khususnya di Kecamatan Kalisat. Penentuan sampel, dilakukan dengan insidental. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebarann kuesioner, observasi nonpartisipan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan skala likert dengan 3 gradasi, penyajian data berupa tabel dengan perhitungan statistik deskriptif yaitu ServQual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada kualitas pelayanan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi melalui SIM Mobil Keliling di kecamatan Kalisat Kabupaten Jember menunjukkan nilai ServQual -20,2 sehingga dalam kategori penilaian hasil ServQual angka tersebut dikatakan tidak baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10334
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5676]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository