• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Ipa Terpadu Pendekatan Saintifik Pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya Untuk Pembelajaran di Smp

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Susayang 140220104008_.pdf (2.579Mb)
    Date
    2019
    Author
    SUSAYANG, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA diarahkan untuk menfasilitasi pencapaian kompetensi oleh peserta didik melalui pembelajaran yang mendorong peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan. Peserta didik dapat memperoleh pengetahuan melalui aktivitas mengamati, menanya kemudian mengasosiasi pengetahuan yang telah dimilikinya melalui aktifitas mengumpulkan informasi dan kemudiaan menganalisis data tersebut serta mengkomunikasikan hasilnya. Berdasarkan hal tersebut maka pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Peserta didik dibimbing untuk secara aktif melaksanakan proses pembelajaran dan mengkontruksi sendiri pengetahuannya, oleh karena itu perlu disiapkan sumber belajar yang dapat membantu peserta didik aktif mengikuti pembelajaran. Salah satu sumber belajar yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri dan aktif dalam mengikuti pembelajaran adalah modul. Modul memiliki karakteristik antara lain: 1) self instructional, dengan menggunakan modul peserta didik mampu membelajarkan diri sendiri, atau dengan sedikit bimbingan dari guru. 2) self contained, materi dalam modul disajikan secara utuh dan lengkap, satu unit kompetensi dapat dipelajari dalam satu modul. 3) adaptive, materi dalam modul sesuai dengan perkembangan pengetahuan terkini, sehingga modul dapat dipakai dalam waktu yang lama. 4) user friendly, modul mudah digunakan dan bersifat akrab dengan pemakainya, sehingga pengguna modul atau peserta didik mudah merespon dan memahami materi sesuai kebutuhannya. Berdasarkan karakteristik modul tersebut diharapkan pembelajaran dengan menggunakan modul dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran, peserta didik dapat meningkatkan aktivitas belajar secara optimal. Mengingat banyaknya keuntungan belajar dengan menggunakan modul maka sangat diperlukan pengembagan modul terutama untuk materi yang sulit dipahami. Pengembangan modul dalam penelitian ini menggunakan model 4-D (four D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974), yang terdiri dari 4 Tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Terpadu yang valid, efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran di SMP. Subyek penelitian adalah peserta didik SMP kelas VII SMP N 5 Situbondo. Hasil validasi dari modul yang dikembangkan untuk aspek kelayakan isi menunjukkan rerata 86,20 termasuk kategori valid, aspek kelayakan penyajian menunjukkan rerata 83,59 kategori valid, aspek kelayakan bahasa menunjukkan rerata 88,14 kategori valid. Kelayakan bahasa didukung juga oleh tingkat keterbacaan modul yang menunjukkan 91,15 kategori tinggi. Aspek kelayakan kegrafikaan menunjukkan rerata 83,33 kategori valid dan aspek materi disesuaikan dengan pendekatan saintifik menunjukkan rerata 79,63 kategori cukup valid, Analisis data untuk mengukur keefektifan modul menunjukkan data N-gain sebesar 0,74 kategori tinggi. Hal ini juga didukung oleh respon peserta didik yang sangat baik terhadap modul dengan skor rata-rata sebesar 84,14. Kepraktisan penggunaan modul dapat diketahui dari data keterlaksanaan pembelajaran yang menunjukkan skor 82,21 kategori sangat baik. Hal ini didukung oleh data respons guru setelah menggunakan modul menunjukkan skor 96,43 kategori sangat baik. Hasil analisis data mengenai kevalidan modul, keefektifan dan kepraktisan penggunaan modul dalam pembelajaran, menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Penggunaan modul dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Modul membantu peserta memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102908
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository