Identifikasi Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Menurut Tahapan Polya Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi DI Sma
Abstract
Materi usaha dan energi merupakan salah satu materi fisika di Sekolah
Menengah Atas (SMA). Dalam pembelajaran fisika diarahkan untuk mencari tahu
sehingga dapat membantu siswa memperoleh penguasaan konsep yang lebih
mendalam (Permendiknas No 22 Tahun 2006). Sesuai dengan tujuan Permendiknas
No 22 Tahun 2006 yaitu menguasi konsep dan prinsip fisika. Menurut Hamidah et
al., (2015) ciri ilmu sains yaitu memahami makna atau konsep dari materi fisika
tersebut. Dalam dunia pendidikan, ilmu fisika diajarkan melalui ruang lingkup
pembelajaran yang sesuai dengan tingkat atau jenjang siswa. Pembelajaran fisika
dalam prakteknya tidak selalu berhasil dikarenakan berbagai masalah. Masalahmasalah
yang membuat tidak maksimalnya informasi yang didapat oleh siswa dapat
diistilahkan dengan kesulitan belajar.