Evaluasi Kinerja Divisi It CV Semeru Marketindo Menggunakan It Balanced Scorecard
Abstract
CV Semeru Marketindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak
pada bidang pendistribusian produk dan jasa yang menggandeng para umkm-umkm
di Kabupaten Lumajang yang telah menggunakan pemanfaatan SI/TI dalam
mengembangkan perusahaannya untuk mewujudkan tujuan dari perusahaan yang
telah direncanakan, menurut Herman Royanto, Manajer CV Semeru Marketindo,
pada tahun 2019 SI/TI yang digunakan memiliki beberapa kendala yang akan terus
dibenahi. Manajer CV Semeru Marketindo dalam hal ini perlu melakukan evaluasi
yang menilai kinerja SI/TI yang digunakan apakah sudah sesuai dengan strategi
bisnis, dan strategi IT yang telah direncanakan sebelumnya agar dapat memberikan
pelayanan yang baik kepada pegawai. Penelitian ini melakukan evaluasi kualitatif
penerapan SI/TI dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard melalui empat
perspektifnya yaitu perspektif kontribusi perusahaan, perspektif orientasi pelanggan,
perspektif penyempurnaan operasional, dan perspektif orientasi masa depan dengan
menggunakan analisa bisnis internal melalui analisa SWOT dan analisa CSF
kemudian menghubungkan sebab akibat supaya membantu perusahaan untuk
mengetahui hubungan setiap perspektif melalui peta strategi dan melakukan usulan
perbaikan dengan menggunakan diagram fishbone. Dengan adanya hasil evaluasi dan
usulan perbaikan tersebut diharapkan dapat memberikan saran perbaikan dan
pengembangan yang optimal terhdap pencapaian kinerja SI/TI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat perspektif IT Balanced
Scorecard yaitu perspektif kontribusi perusahaan, orientasi pengguna,
penyempurnaan operasional dan orientasi masa depan hanya perspektif kontribusi
perusahaan yang telah tercapai, perspektif orientasi pengguna sudah dua faktor kritis
yang tercapai sedangkan untuk faktor kritis kesempatan pelatihan untuk pengguna
yang merata tidak tercapai, perspektif penyempurnaan operasional sudah satu faktor
kritis yang tercapai satu tidak tercapai, dan perspektif orientasi masa depan dua
faktor kritis tercapai dan satu lagi masih tidak tercapai. Hal ini berarti secara keseluruhan kinerja SI/TI pada CV Semeru Marketindo khususnya dalam perspektif
kontribusi perusahaan sudah baik, namun pada perspektif orientasi pengguna,
perspektif penyempurnaan operasional, dan perspektif orientasi masa depan belum
memenuhi keseluruhan nilai dari key performance indicator yang telah ditentukan
pada tiap-tiap faktor kritisnya, untuk itu perlu adanya perbaikan pada faktor kritis
yang tidak tercapai dengan usulan perbaikan menggunakan diagram fishbone