Peran Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Nilai Moral Agama Anak DI Paud Islam Terpadu Ananda Kabupaten Jember
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia, karena dengan pendidikan seseorang dapat memajukan suatu bangsa dan pendidikan dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Keluarga merupakan sutau lembaga yang ikut bertanggung jawab dalam pendidikan anak karena waktu yang dihabiskan anak lebih banyak di rumah dari pada di tempat lainnya. Anak yang mendapatkan pendidikan dalam lingkungan keluarga dengan baik dan dibesarkan dalam keluarga yang harmonis akan lebih mudah berkembang kecerdasannya baik itu keagmaannya, tingkah lakunya, dan bersosialisasi. Namun jika anak tidak mendapatkan perhatian dan bimbingan yang cukup dalam lingkungan keluarganya maka anak akan tertinggal dibandingkan anak yang lain. Walaupun pada dasarnya anak itu dapat diarahkan sesuai dengan apa yang kita inginkan namun jika tidak diberikan rangsangan dari keluarganya maka kemampuan tidak akan berkembang secara optimal. Dalam tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini usia 5-6 tahun sebagaimana yang tercantum dalam Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang perkembangan nilai moral agama anak, sehingga diperoleh rumusan masalah adakah hubungan antara peran pendidikan keluarga dengan perkembangan nilai moral agama anak di PAUD Islam Terpadu Ananda Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peran pendidikan keluarga dengan perkembangan nilai moral agama di PAUD Islam Terpadu Ananda Kabupaten Jember. Peneliti memfokuskan meneliti orang tua anak didik usia 5-6 tahun karena pada usia ini anak sudah mulai bisa mengenal agama yang dianutnya. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu dapat dijadikan masukan secara teoritis dan praktis.