Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Siswa Kelas IV SDN Kejayan 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Pendidikan bertujuan guna mengembangkan potensi pada peserta didik
secara akademik dan spiritual. Faktor penting dalam pelaksanaan pendidikan
kurikulum 2013 yaitu suatu interaksi yang baik antara guru dengan siswa dalam
proses pembelajaran. Hasil observsi di SDN Kejayan 1 Jember menunjukkan
bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran antara lain
ceramah, diskusi dan tanya jawab. Penggunaan metode ceramah, diskusi dan
tanya jawab yang dilakukan agar siswa aktif dalam pembelajaran, namun pada
kenyataannya sguru lebih mendominasi dalam pembelajaran dan siswa cenderung
pasif. Salah satu metode pembelajaran yang belum pernah diterapkan di SDN
Kejayan 1 Bondowoso yaitu, metode role playing. Rumuan masalah dalam
penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode
role playing terhadap hasil belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada
Siswa Kelas IV di SDN Kejayan 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
signifikan dalam penerapan metode role playing terhadap hasil belajar Tema
Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV di SDN Kejayan 1
Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020.